Menjabat Sebagai Kepala, Zahruddin Bertekad Merubah Puskesmas Kedungdung Lebih Baik

Menjabat Sebagai Kepala, Zahruddin Bertekad Merubah Puskesmas Kedungdung Lebih Baik
Zahruddin, Kepala Puskesmas Kedungdung

Semenjak menjabat sebagai Kepala Puskemas Kedungdung, Sampang, Madura pada Februari 2020, Zahruddin S.Kep, Ns M.Kes bertekad merubah Puskesmas Kedungdung menjadi lebih baik.

Hal itu berusaha ia wujudkan dengan cara mengembalikan khittah Puskesmas yaitu promosi dan preventif.

“Saya kembalikan bahwa Puskesmas pada khittahnya adalah promosi dan preventif. Sedangkan kuratif hanya sepertiganya,” kata Zahruddin, Senin (25/1/2021).

Mulanya, ia akan membuat kesan bahwa Puskesmas bukan tempat untuk orang sakit dengan membenahi infrastruktur dan memberikan pelayan terbaik.

“Seperti melihat halaman yang bagus di dalamnya ada tempat bermain, sehingga orang masuk ke Puskesmas kesannya bukan saya sakit,” jelasnya.

Kemudian, mengembalikan fungsi Puskesmas adalah promosi dan preventif, yakni memberikan pemahaman langsung terhadap masyarakat untuk menjaga kesehatan.

“Puskesmas bukan menunggu orang sakit, tapi mencegah orang sakit. Jadi kita harus turun kelapangan, promosi bagaimana cara mencegah diare, DBD dan pandemi Covid-19,” tuturnya.

Sejauh ini, usaha mantan Kepala Puskesmas Jrenguan itu telah menunjukkan hasil. Melihat respon positif warga terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Kedungdung.

“Alhamdulillah pelayanan Puskesmas saat ini sudah bagus, tempatnya nyaman dan petugasnya ramah,” ungkap Edi salah satu warga setempat. (Romi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *