Home Blog

TIMNAS INDONESIA LOLOS KE 8 BESARPIALA ASIA U-23 SETELAH KALAHKAN YORDANIA 4-1

Salsabilafm.com– Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak perempat final usai mengalahkan Yordania dengan skor 4-1 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, pada Minggu (21/4) malam WIB.

Gol-gol Indonesia dicetak Marselino Ferdinan (23’ & 70’), Witan Sulaeman (40’), dan Komang Teguh (86’). Sementara Yordania berhasil mencetak gol hiburan pada menit (79’) berkat gol bunuh diri Justin Hubner.

Indonesia menampilkan permainan bola-bola pendek dengan kepercayaan tinggi, ketenangan serta pertahan yang rapi meski sempat beberapa kali mengalami kecolongan.

Hasil tersebut membuat Timnas U-23 Indonesia layak melaju ke babak perempat final Piala Asia U-23 dengan status runner up Grup A, sedangkan tuan rumah Qatar menjadi juara grup. Timnas Indonesia U-23 akan melawan juara Grup B di perempat final nanti, menunggu antara jepang atau korsel sebagai calon lawan.

Starting XI Indonesia vs Yordania di Piala Asia U-23
Indonesia : Ernando Ari, Muhammad Ferrari, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Fajar Fathur Rahman, Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Witan Sulaeman.

Yordania : Ahmad Al-Junaidi, Daniel Afaneh, Arafat Al-Haj, Faisal Abu Shanab, Aref Al-Haj, Amer Jamous, Aon Al-Maharmeh, Mohannad Abu Taha, Bashar al-Diabat, Seif Darwish, Baker Kalbouneh.

Heboh Bocah Perempuan di Sampang Madura Bertunangan, Ini Faktanya

0

salsabilafm.com– Media sosial dihebohkan dengan acara prosesi pertunangan seorang bocah perempuan di bawah umur di Pulau Madura, Jawa Timur. Setalah ditelusuri ternyata acara itu terjadi di Desa Darma Camplong, Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang.

Kabid Pengendalian Penduduk dan KB Dinkes Sampang Sahruddin membenarkan bahwa bocah tersebut bukan berusia 4 tahun akan tetapi berusia 7 tahun.

”Dinkes sudah mendatangi rumah bocah perempuan tersebut dan bertemu dengan pihak keluarga. Keluarga menyebut bahwa acara tersebut memang tunangan, bukan pernikahan,” kata Sahruddin, Sabtu (20/4/2024).

Selain itu BKKN Provinsi Jawa Timur juga turun langsung ke lokasi pertunangan untuk memberikan pembinaan. ”Kami memang ke sana untuk memastikan adanya acara itu sekaligus untuk menyampaikan turun ke lokasi untuk memberikan pembinaan,” ucapnya.

Sebelumnya, Warganet dihebohkan dengan acara prosesi tunangan seorang bocah perempuan umur 4 tahun di Pulau Madura. Momen itu diunggah akun @maduratrending terlihat bocah memakai baju warna hijau memakai jilbab lengkap dengan wajah yang sudah di Meck Up.

Dalam video berdurasi 45 detik tersebut, tampak seorang bocah perempuan tengah bersalaman dengan para tamu undangan. Prosesitunanganyang dilakukan di rumah tersebut dihadiri sejumlah tamu undangan khususnya para wanita yang tengah duduk berjejer di beranda sebuah rumah.

Bocah Perempuan tersebut juga tampak menggunakan lipstik di bagian bibirnya selama prosesi pertunangan berlangsung.

Dia juga menunjukkan perhiasan diketahui pemberian dari si laki – laki pas acara lamaran tersebut. Adapula beberapa barang seserahan lainnya yang diberikan ke bocah berusia 4 tahun ini. Salah satunya sepatu anak-anak berwarna merah muda.

Pemuda Pamekasan Diduga Nekat Bunuh Diri dengan Pisau di Kamar Mandi

0

salsabilafm.com– AW (27) Warga asal Blumbungan, Pamekasan, Jawa Timur diduga nekat melakukan aksi bunuh diri dengan menusukkan pisau pada perutnya, Sabtu (20/4/2024)

Kasi Humas AKP Sri Sugiarto menerangkan, kejadiaan itu terjadi pada hari Kamis (18/4/2024) di rumah korban sekitar pukul 15.30 WIB.

“Kejadian terjadi pada hari Kamis, Kapolsek Larangan Iptu Kadarisman bersama anggota segera mendatangi TKP, dan melakukan tindakan pertama di TKP,” terangnya.

Pada kasus tersebut, petuga berhasil mengumpulkan barang bukti dan mencatat keterangan saksi-saksi diantaranya, tante korban Nisa (70), sepupu korban Karimah (40), tetangga korban Mustar (38).

Sri melanjutkan, kronologi kejadian menurut keterangan saksi, bermula saat Karimah mendengar Nisa teriak-teriak minta tolong yang saat itu melihat korban luka dan keluar di bagian perutnya.

Kemudian, Karimah meminta tolong pada Mustar untuk melihat korban yang telah terbujur dengan sebilah pisau di sampingnya.

“Selanjutnya para saksi meminta warga lainnya untuk membawa korban ke Puskesmas Larangan untuk melakukan pertolongan, namun setibanya di puskesmas korban tidak dapat ditolong dan meninggal dunia,” jelas Humas Polres dalam keterangan tertulisnya.

Untuk motif korban melakukan aksinya masih belum diketahui. Polisi masih melakukan penyelidikan dengan meminta Visum pada Puskesmas Larangan, serta mengamankan barang bukti berupa sebuah pisau.

“Polsek Larangan selanjutnya akan melakukan penyelidikan untuk memastikan kebenaran dari kejadian dugaan bunuh diri tersebut,” Pungkas AKP Sri sugiarto.

Ledakan Mercon di Bangkalan, 1 Orang Tewas dan 2 Kritis

0

salsabilafm.com– Seorang warga meninggal dunia dan dua warga lainnya kritis akibat ledakan mercon (petasan) di salah satu rumah di Desa Sembilangan, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

Kapolres Bangkalan AKBP Febri Isman Jaya mengatakan warga yang meninggal dunia berinisial SA (21). Sedangkan, dua lain yang kritis akibat luka bakar adalah MT (26) dan RS (31).

“Satu orang meninggal dan dua kritis. Semuanya sudah dievakuasi ke rumah sakit, untuk korban meninggal sudah dimakamkan tadi malam,” kata Febri, Sabtu (20/4/24).

Febri menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Jumat (19/4/2024) sekitar pukul 17.00 WIB. Akibat ledakan itu, rumah korban hancur rata dengan tanah.

Korban diketahui adalah kakak beradik yang tinggal di rumah tersebut. Diduga mereka berada di dalam rumah saat petasan meledak.

“Untuk jumlahnya (petasan) masih kami selidiki. Kalau melihat dari kerusakan diduga cukup banyak yang disimpan,” katanya.

Menurutnya, banyaknya petasan yang disimpan korban diduga akan digunakan untuk memeriahkan hajatan pernikahan yang akan digelar oleh salah satu korban.

“Informasi sementara yang kami peroleh seperti itu, namun kami masih mendalami dan selidiki. Kami sudah pasang garis polisi dan olah TKP akan dilanjutkan hari ini,” ujarnya.

KPU Sampang Bakal Rekrut PPS dan PPK untuk Pilkada 2024

0

salsabilafm.com– Tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Sampang, Jawa Timur, bakal segera dimulai. Tahapan itu diawali dengan seleksi terbuka panitia penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa pada April ini.

Divisi Teknis KPU Kabupaten Sampang Aisyah mengatakan, penetapan panitia pilkada akan dilakukan melalui seleksi terbuka. Baik untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK) maupun panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa.

Pendaftaran calon PPK akan dibuka pada 23-27 April. Dan Pengumuman hasil seleksi pada 14-15 Mei 2024. Sedangkan untuk PPS, pengumuman pendaftaran dimulai 2-6 Mei. Sementara pengumuman hasil seleksi akan disampaikan pada 24-25 Mei 2024.

“Dari pengumuman pendaftaran sampai tanggal pengumuman hasil seleksi, di sana juga ada beberapa proses seleksi yang harus dilewati, sesuai dengan tanggal yang ditetapkan,” jelas Aisyah, Sabtu (20/4/2024).

Menurutnya, untuk syarat pendaftaran sesuai dengan apa yang diputuskan oleh Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

“Dengan keluarnya Keputusan Nomor 476 Tahun 2024, maka untuk panitia ad hoc pilkada dilakukan seleksi terbuka,” pungkasnya.

Warga Pesisir Sampang Diimbau Jaga Keamanan Perairan

0

salsabilafm.com– Warga pesisir di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, diimbau turut menjaga keamanan di wilayah perairan. Hal itu disampaikan oleh Ditpolairud Polda Jatim saat gelar program Sambang Nusa Presisi di Pulau Mandangin,

“Kepada masyarakat pesisir, pemilik kapal penumpang dan nelayan, agar membantu Polri dalam pemeliharaan Kamtibmas di wilayah perairan,” ujar Kasubdit Patroliairud AKBP Budi Sulisyanto, Kamis (19/4/2024)

Budi mengungkapkan, pihaknya menginginkan wilayah perairan Polda Jatim, khususnya Polairud Polres Sampang aman dan kondusif.

“Apabila terjadi permasalahan di wilayah perairan saat berlayar, untuk menyelesaikannya dengan melibatkan pihak kepolisian,” imbaunya.

Hal itu, tandas Budi, agar permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan cepat, tepat dan berakhir damai.

Sementara itu, Kasat Polairud Polres Sampang AKP Catur Rahardjo menambahkan, meminta tokoh agama mendoakan, agar Kamtibmas di perairan aman.

“Semoga Kamtibmas di seluruh perairan wilayah hukum Polda Jatim, selalu aman dan kondusif,” ucapnya.

Untuk diketahui, kegiatan Sambang Nusa Presisi yang dilaksanakan tersebut, merupakan salah satu upaya Polri dalam pemelihara Kamtibmas di wilayah perairan.

Sekaligus memperkuat hubungan silaturahmi Ditpolairud Polda Jatim dengan masyarakat di daerah pesisir Pulau Mandangin Sampang.

Selain itu, program Baharkam Polri diisi dengan kegiatan penyampaian sosialisasi tentang Undang-Undang Pelayaran (Keselamatan Belayar) dan Undang-Undang Perikanan.

Kebutuhan SDM KPPS Pilkada Sampang Lebih Sedikit Dibanding Pemilu

0

salsabilafm.com– Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) lebih sedikit dibandingkan pemilihan umum (pemilu). Hal itu diungkap, Ketua KPU Sampang Addy Imansyah.

Addy menyampaikan, pengurangan tenaga ad hoc tersebut disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini Komisi Pilihan Umum (KPU) Sampang hanya membutuhkan 9.828 SDM KPPS untuk pelaksanaan pilkada pada November mendatang

“Sedangkan saat pemilu, jumlah KPPS mencapai 19.082 orang. Dengan demikian, akan berkurang 9.254 orang. KPPS merupakan penyelenggara yang bertugas di tempat pemungutan suara (TPS). Kebutuhan petugas KPPS saat pilkada dipastikan tidak sama dengan pemilu,” katanya.

Dia menuturkan, tiap TPS membutuhkan tujuh petugas KPPS pada pelaksanaan pilkada 2024. Sedangkan jumlah TPS yang akan dibuka dalam pelaksanaan pilkada 1.404 titik. Dengan demikian, petugas KPPS yang dibutuhkan untuk seluruh titik TPS sebanyak 9.828 orang.

Sedangkan saat pemilu, TPS yang disiapkan KPU Sampang 2.726 titik yang tersebar di 14 kecamatan di Kabupaten Sampang. Pengurangan tersebut dilakukan karena kapasitas pemilih di setiap TPS diperbanyak.

“KPPS pilkada nanti tidak sebanyak saat pemilu karena jumlah titik TPS berkurang. Tetapi, nanti dapat menampung pemilih lebih banyak dibanding ketika pemilu,” jelasnya.

Addy menambahkan, tenaga ad hoc yang dibutuhkan untuk pilkada memang tidak sama persis meski terdapat kategori tenaga ad hoc yang kebutuhannya tetap sama. Misalnya, panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa.

“PPK (dibutuhkan) 70 orang dengan masing maing lima orang di setiap kecamatan. Sedangkan PPS tiga orang di setiap desa/kelurahan,” pungkasnya.

Selama 3 bulan, Penderita DBD di Sampang Capai 366 Kasus

0

salsabilafm.com– Jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sampang alami peningkatan, selama tiga bulan terakhir, mulai dari awal Januari hingga 31 Maret lalu, pihak Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes – KB) Sampang catat sebanyak 133 kasus DBD.

Kepala Dinkes KB Kabupaten Sampang, Abdulloh Najich, menyatakan bahwa kasus DBD selama triwulan pertama, khususnya pada bulan Februari 2024, mengalami peningkatan.

“Selama Januari hingga Maret 2024, terdapat 133 kasus DBD dengan 0 kematian,” katanya, Jum’at (19/4/2024).

Najich menjelaskan, kasus DBD paling banyak terjadi di wilayah perkotaan dan di Kecamatan Torjun. Berdasarkan laporan dari setiap Puskesmas di Sampang, terdapat 27 kasus di Puskesmas Banyuanyar dan 10 kasus di Puskesmas Kamoning.

Di Kecamatan Torjun, Puskesmas Torjun mencatat 21 kasus. Sementara itu, di Kecamatan Kedungdung, terdapat 12 kasus di Puskesmas Banjar dan 11 kasus di Puskesmas Karang Penang.

“Sebanyak 17 puskesmas lainnya mencatat di bawah 10 kasus. Tiga Puskesmas, yaitu Mandangin di Kecamatan Sampang, serta Ketapang dan Bunten Barat di Kecamatan Ketapang, tidak mencatat kasus DBD,” ungkapnya.

Untuk mengatasi kasus DBD ini, pihaknya mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kami telah melakukan penyuluhan tentang PHBS dan 3M plus kepada masyarakat, serta melakukan abatesisasi. Kami juga berkoordinasi lintas sektor dan program agar kasus DBD dapat ditekan semaksimal mungkin,” tambahnya. (Mukrim)

Terungkap ! Motif Pembunuhan Pria di Robetal Sampang, Korban Selingkuhi Istri Pelaku

0

salsabilafm.com – Polisi mengungkapkan motif pembunuhan pria yang ditemukan tergeletak bersimbah darah di Dusun Tarogan, Desa Jelgung, Kecamatan Robatal, Sampang. Pelaku diduga nekat menghabisi korban karena masalah asmara.

Kasi Humas Polres Sampang Ipda Dedy Dely Rasidie menjelaskan motif ini didasarkan pada pengakuan pelaku. Dalam pengakuannya, bahwa pembunuhan tersebut dipicu rasa sakit hati.

Sebab, lanjut Dedy, korban IA, warga Banyusokah, Ketapang, Sampang diam-diam diketahui menjalin asmara dengan istri pelaku.

Jika mengacu dari keterangan pelaku, motif pembunuhan itu karena pelaku katanya sakit hati lantaran korban menjalin asmara dengan istrinya,” kata Dedy, Jumat (19/4/2024).

Meski telah ada pengakuan dari pelaku, Dedy menyebut pihaknya akan tetap melakukan pendalaman lagi. Sebab, dari keterangan saksi di lapangan pelaku disebut lebih dari satu orang saat mengejar korban.

“Meski pengakuan pelaku begitu, tapi penyidikan kasus ini masih terus berproses,” ujar Dedy.

“Teman teman penyidik di lapangan saat ini masih memastikan para pelaku karena informasi dari saksi di TKP, pelaku lebih dari satu orang,” imbuhnya.

Pimpin Apel Persiapan Pengamanan Parade Daol Sampang 2024, Ini Pesan Kapolres

0

salsabilafm.com – Jelang dimulainya Parade Daol Sampang 2024, Kapolres Sampang AKBP Siswantoro pimpin apel persiapan pengamanan. Apel diikuti ratusan personil gabungan TNI-Polri, perwakilan instansi Pemkab dan Banser Kabupaten Sampang, rabu (17/04) sore.

Apel yang dilaksanakan di lapangan Wira Manunggal Wicaksana ini dihadiri Kasdim Mayor Inf A. Djailani yang mewakili Dandim 0828/Sampang, Letkol Czi Suprobo Harjo Subroto.

AKBP Siswantoro menyampaikan, Parade Daul Sampang 2024 akan digelar selama dua hari mulai tanggal 17 sampai dengan 18 April 2024 dengan mengambil rute, start di Alun-alun Trunojoyo dan finish di Monumen Trunojoyo Sampang. “Kami berharap parade daol ini berjalan aman tertib dan terkendali,” ucapnya.

Siswantoro berpesan kepada seluruh peserta pengamanan parade Daol Combo dan parade Daol Dug-Dug untuk melaksanakan tugas sesuai SOP dan aturan yang berlaku.

“Tidak hanya melaksanakan pengamanan di sepanjang rute parade, personil pengamanan diharapkan bisa menyampaikan edukasi dan himbauan kepada masyarakat untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban agar pagelaran musik tradisional berjalan aman kondusif sampai berakhirnya kegiatan,” pesannya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan arus lalu lintas di kawasan Sampang kota, ia memerintahkan anggotanya bekerja sama dengan Dishub Kabupaten Sampang untuk mengalihkan semua arus kendaraan yang akan menuju Pamekasan atau Bangkalan untuk melewati Jl. Halim Perdana Kusuma.

“Kepada petugas pengamanan yang berpakaian preman (Reskrim dan Intelkam) diperintahkan untuk membaur dengan warga di sepanjang rute parade Daol Sampang 2024 untuk mengantisipasi terjadinya kriminalitas ataupun kejadian-kejadian yang mengganggu Kamtibmas,” tegasnya.

“Terima kasih kepada seluruh peserta apel dan stakeholder terkait, dan kami berharap sinergitas kolaborasi untuk menciptakan Kamtibmas aman dan Kamseltibcar Lantas di Kabupaten Sampang selama pagelaran Parade Daol Sampang 2024 yang mengambil tema Harmonis Dalam Budaya,” tutupnya.

Usai apel pengamanan Parade Daol Sampang 2024, Kapolres Sampang didampingi PJU Polres Sampang dan perwakilan tamu undangan serta seluruh personil gabungan TNI-Polri, Pemkab Sampang dan Banser mengikuti Tactical Floor Game. (*)