Home Blog

Pemadaman Bergilir, KBM Santri di Bangkalan Terganggu

0
Pemadaman Bergilir, KBM Santri di Bangkalan Terganggu
Semangat, Santri Madrasah Miftahul Jannah tetap mengikuti KBM dengan penerangan seadanya. (Foto: Fahromi Nashihuddin)

Puluhan santri pondok pesantren dan Madrasah Miftahul Jannah, Desa Karang Nangkah, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan terpaksa mengikuti kegitan belajar mengajar (KBM) dengan lampu penerangan se adanya.

Hal tersebut dilakukan lantaran adanya gangguan pada transmisi Suramadu yang menyebabkan terjadi trip pada PMT Bay Bangkalan, sejak Jumat (3/2/2023) sehingga pihak PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir.

“Alhamdulillah santri tidak diliburkan, tetap belajar seperti biasanya, meskipun mengunakan lampu penerangan se adanya,” tutur ustad Husni (25), Sabtu (4/2/2023).

Dirinya mengaku, meski beberapa santri sudah mengetahui adanya pemadaman bergilir, namun antusias santri untuk belajar mengaji tidak surut.

“Santri ngaji yang dari luar tetap datang meskipun tau kalau malam hari akan ada pemadaman bergilir,” terangnya.

Dirinya berharap, petugas PLN bisa dengan cepat menyelesaikan gangguan penurunan daya agar penerangan di madura kembali normal.

“Semoga cepat selesai dan normal lagi, amin,” pungkasnya.

Sekedar diketahui pihak PLN terpaksa melakukan pemadaman bergilir akibat terjadinya penurunan pasokan listrik di Madura sejak Jumat (3/2/2023) kemarin.

Manager ULP PLN Bangkalan Hari Purnomo mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini masih melakukan pengecekan gangguan itu. Investigasi penyebab penurunan pasokan daya listrik untuk Madura masih dilakukan.

“Masih belum ditemukan penyebabnya. Petugas terus melakukan pengecekan,” ujar Hari. (Romi)

SDN Gunung Sekar 2 Launching Aplikasi SPIN, Manajemen Sekolah Berbasis Website

0
SDN Gunung Sekar 2 Launching Aplikasi SPIN, Manajemen Sekolah Berbasis Website
Launching Sistem Sekolah Pintar (SPIN) di SDN Gunung Sekar 2. (Foto: Fahromi N)

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Dasar Negeri (SDN) Gunung Sekar 2 melaunching Sistem Sekolah Pintar (SPIN), Kamis (2/2/2023). Inovasi baru di bidang pendidikan tersebut berupa Manajemen Sekolah Berbasis Website.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sampang, Edi Subinto, melalui Kasi Perizininan Disdik Sampang, Muhammad Hanafi Qusyairi sangat berbangga hati dengan inovasi di bidang IT (Information And Technology) yang telah dilakukan SDN Gunung Sekar 2.

Menurutnya, melalui halaman website yang dibuat yakni www.sdngunungsekar2.com, semua wali murid bisa mengetahui dan mengikuti secara langsung perkembangan putra dan putrinya, mulai dari mengakses nilai belajar, kehadiran, dan segala bentuk aktivitas lainnya.

“Jadi semua wali murid meski ada di luar kota tidak kesulitan untuk memantau putra putrinya yang bersekolah di SDN Gunung Sekar 2. Semuanya akan diuploud dan terpantau secara terperinci termasuk nilai ujian siswa,” paparnya.

Pihaknya akan berusaha mendorong semua lembaga pendidikan di bawah naungan Dinas Pendidikan untuk berinovasi, seperti halnya yang telah dilakukan oleh SDN Gunung Sekar 2 dalam menerapkan Manajemen Sekolah berbasi digital.

“Saya kiri ini perlu dicontoh oleh sekolah-sekolah lain, supaya nanti semua sekolah di Kabupaten Sampang berbasis digital,” tutupnya.

Kepala Sekolah SDN Gunung Sekar 2, Rohmadi menjelaskan, pihaknya terus berinisiatif melakukan perubahan inovasi pendidikan. Di bidang kegiatan, telah diterapkan membaca Al- Qur’an pada pukul 05.30 pagi, Teater Sekar Pote, dan Ruang Sumber untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Sedangkan untuk digitalisasi sekolah, SDN Gunung Sekar 2 saat ini tengah berinovasi menerapkan manajemen sekolah berbasis web. “Setelah kami bicarakan bersama dewan guru dan mereka setuju, akhirnya kita melangkah untuk membuat aplikasi ini,” terangnya.

Rohmadi menyampaikan, inovasi berbasis digital ini bukan hanya dinikmati guru dan wali murid, tetapi masyarakat umum juga bisa mengakses berita-berita kegiatan dan prestasi yang selama ini telah diraih SDN Gunung Sekar 2.

Menurutnya, Aplikasi Sistem Sekolah Pintar (SPIN) memang sengaja didesain untuk masyarakat luas dan masyarakat yang bergabung di Gunung Sekar 2 yaitu wali murid dan semua dewan guru.

“Dalam penerapannya, semua dewan guru akan dibuatkan id pasword khusus bersama wali murid. Sedangkan untuk masyarakat umum hanya sebatas melihat jendelanya saja,” pungkasnya. (Romi)

Kembali Terpilih Sebagai Ketua AJS, Abdul Wahed Ungkap 3 Program Prioritas

0
Kembali Terpilih Sebagai Ketua AJS, Abdul Wahed Ungkap 3 Program Prioritas
Foto bersama Keluarga Besar AJS setelah Muswa ke VI sukses digelar di Kota Batu Malang. (Foto: Fahromi N)

Berpusat di Kota Batu Malang, Musyawarah (Muswa) ke- VI Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) sukses digelar mulai Jum’at-Sabtu (13-14/1/2023). Dihadiri semua Pengurus dan Anggota, Abdul Wahed terpilih sebagai Ketua secara aklamasi dan kembali berhak memimpin AJS selama Periode 2023-2024.

“Saya siap untuk melanjutkan periode organisasi yang kedua sekaligus melanjutkan masa-masa keemasan AJS dengan pola pemilihan yang dilakukan secara musyawarah mufakat. Terimakasih atas kepercayaannya untuk melanjutkan Guyub Rukun jilid 2,” ungkap Abdul Wahed setelah resmi terpilih.

Menurutnya, langkah pertama yang akan dilakukan adalah melakukan evaluasi bersama terhedap kekurangan dan kelebihan masa kepemimpinannya sebelumnya pada 2021-2022, sebagai modal intropeksi diri untuk kembali melanjutkan tugasnya sesuai harapan bersama.

Untuk program prioritas, Wahed menjelaskan tetap seperti periode kepemimpinannya sebelumnya, hanya saja dengan pola penetapan berbeda. Pertama, program Peningkatan Kualitas SDM. “Mari semua pengurus, anggota, dan komponen AJS kita bersama-sama kembali gaungkan peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

Program prioritas kedua, Penguatan dan Pengembangan Program Kerja AJS. Dijelaskan, pada periode 2021-2022 memang semua program di setiap divisi telah dilakukan. Namun banginya, pada 2023-2024 perlu adanya penguatan dan pengembangan proker AJS yang akan dibahas dan dibenahi bersama.

“Polanya bagaimana kita menguatkan dan mengembangkan Program Kerja AJS adalah sen kanan dan sen kiri. Ayo guyub rukun jilid 2 ini jalankan, carannya adalah setiap bidang yang ada harus mempunyai tanggung jawab masing-masing, setidaknya harus mempunyai satu program prioritas yang akan dilakukan,” tekannya.

Sedangkan untuk program prioritas ke- 3 bersifat insidentil, artinya sesuai kebutuhan dan kesepakatan bersama semua keluarga besar AJS. “Ayo kita jalankan bersama sen kanan dan sen kiri, dua program prioritas ini kita jalankan, dan satunya sifatnya bonus dan insidentil,” pungkasnya. (Romi)

Harjad ke- 4, Perjalanan Rumah Desa Hebat Wujudkan 1000 Sarjana Anak Desa

0
Harjad ke- 4, Perjalanan Rumah Desa Hebat Wujudkan 1000 Sarjana Anak Desa
Founder Rumah Desa Hebat, Abu Rizal saat memberikan sambutan. (Foto: Mukrim)

Sekumpulan anak muda yang tergabung dalam Rumah Desa Hebat layak diapresiasi tinggi. Pasalnya, Rumah Desa Hebat saat ini memberikan peluang 1000 sarjana untuk anak desa. Program tersebut digagas untuk membantu pemuda yang berkeinginan kuliah tapi penuh dengan keterbatasan.

Hal itu disampaikan oleh Founder Rumah Desa Hebat Abu Rizal pada acara Hari Jadi Rumah Desa Hebat yang ke – 4 dengan tema “Gotong royong mewujudkan 1000 sarjana untuk anak desa” di Pendopo Bupati Sampang, Minggu (8/1/2023).

Pada tahun 2020, bertepatan dengan hari jadi ke-2, Rumah Desa Hebat mendeklarasikan program 1000 sarjana. Sebuah program fasilitasi beasiswa pendidikan bagi para pelajar pedesaan yang kurang mampu, namun memiliki semangat tinggi untuk melanjutkan kuliah.

“Program 1000 sarjana merupakan program unggulan Rumah Desa Hebat yang akan kami tunaikan janji ini dengan teman-teman rumah desa hebat,” ucap Abu Rizal, founder Rumah Desa Hebat.

Awalnya banyak orang-orang pesimis bahkan meremehkan program 1000 sarjana untuk anak desa karena mustahil seorang anak muda yang masih aktif menjadi mahasiswa membuat program untuk mengkuliahkan anak-anak di desa.

“Banyak orang-orang pesimis dan meremehkan dengan gagasan yang kami janjikan, saya hanya bisa tersenyum dan berkata biar bukti yang menjawab,” tegas Pemuda Asli desa Daleman tersebut.

“Namun Alhamdulillah, saat ini tercatat sekitar hampir 100 anak yang sudah dibantu untuk anak-anak di desa bisa kuliah melalui program yang digagas oleh Rumah Desa Hebat dari berbagai daerah khususnya kabupaten Sampang,” ucapnya.

Untuk menjaring siswa kurang mampu, Abu Rizal bersama teman-teman Rumah Desa Hebat blusukan ke desa-desa. Di samping juga bermitra dengan sekolah-sekolah, mencari anak dari keluarga tidak mampu yang lulus sekolah tapi ingin melanjutkan kuliah.

Program 1000 sarjana merupakan wadah bagi pemuda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, namun terkendala biaya. Dalam melaksanakan program 1000 Sarjana, Abu Rizal seringkali mendapatkan penolakan. Terutama saat melakukan penjaringan pelajar yang kurang mampu di Desa.

“Kami terus berusaha dan meyakini kalau ini memang beasiswa gratis 100 persen. Kami juga meyakinkan orang tua bahwa mereka berhak mendapatkan pendidikan tinggi dan Alhamdulillah Rumah Desa Hebat saat ini telah mendapat respon positif dari beberapa kampus, karena dianggap berperan menyadarkan pentingnya pendidikan tanpa harus memikirkan biaya ” katanya.

Saat ditanya persyaratan untuk kuliah gratis melalui Rumah Desa Hebat, Abu Rizal menjawab tidak ada persyaratan khusus. Yang paling penting, kata dia, memiliki niat yang sungguh-sungguh serta berasal dari keluarga yang kurang mampu.

“Modalnya hanya punya keinginan besar belajar. Kami akan bimbing sampai kerja karena kami membantu dan bekerja pakai hati,” tutupnya.

Tidak hanya itu, Rizal mengaku bahwa setiap perjuangannya dalam menghidupkan Rumah Desa Hebat itu tidak lain karena dorongan dan do’a dari seorang ibu.

“Saya selalu percaya, akan selalu ada doa ibu yang kuat, jika dipresentasekan dari setiap perjuangan saya itu hanya 15%, lalu 85% adalah doa ibu disepertiga malamnya,” ucap Rizal disambut tepuk tangan para hadirin.

Sementara itu, Mufarrohah salah satu mahasiswi yang saat ini bisa berkuliah di Universitas Trinojoyo Madura (UTM) berkat Rumah Desa Hebat, merasa sangat bangga menjadi bagian rumah desa hebat karna dapat mewujudkan mimpinya sebagai sarjana tanpa memikirkan biaya.

“Saya harap para pemuda terutama di Sampang dapat mencontoh sekaligus menjadikan temen temen pemuda desa hebat menjadikan inpirasi dalam melakukan hal yg positif,” pungkasnya. (Mukrim)

Indra Bustomi, Anggota DPRD Bangkalan Bantu Warga Terdampak Banjir Blega

0
Indra Bustomi, Anggota DPRD Bangkalan Bantu Warga Terdampak Banjir Blega
Berkemeja lengan pendek putih, Indra Bustomi saat menyalurkan bantuan kepada warga terdampak banjir. (Foto: Fahromi Nashihuddin)

Indra Bustomi salah seorang anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Bangkalan menyalurkan langsung bantuan berupa nasi bungkus kepada korban banjir di Desa Blega, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan.

Sedikitnya 1000 bungkus nasi yang disiapkan oleh Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, untuk warga yang kesulitan menembus akses yang tergenang banjir kiriman dari Kecamatan Konang dan Kecamatan Geger.

Indra mengaku, selain untuk meringankan beban warga, dirinya bersama mahasiswa blega sengaja turun kelokasi banjir karena ingin melihat langsung kondisi masyarakat yang rumahnya terendam banjir sejak Minggu dini hari.

“Yang jelas, mereka kesulitan untuk makan, mereka tidak bisa memasak lantaran rumah nya sudah dikepung genangan air mulai tadi malam, makanya kami bantu semampu kami terlebih dahulu,” katanya, Minggu (8/1/2023).

Dirinya berjanji akan terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Bangkalan, untuk mencari jalan keluar agar banjir tahunan di Kecamatan Blega bisa teratasi.

“Meskipun tidak mudah mengatasi banjir di blega, tapi kami akan terus berkoordinasi dengan pemda, setidaknya bisa meminimalisir genangan air pada saat banjir,” tambah nya

Sementara itu, warga yang mendapat bantuan nasi bungkus mengaku bersyukur dengan bantuan tersebut. Karena warga yang terdampak banjir sangat membutuhkan makanan.

“Alhamdulillah dapat bantuan nasi bungkus dari pak dewan, ini yang sangat kami butuhkan pada saat kondisi seperti ini, terima kasih pak dewan,” terang Moh Sofi (30) salah seorang warga Kampung Karang Kemasan, Desa Blega, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan.

Sekedar diketahui hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, membuat sungai Blega kembali meluap sejak Minggu dinihari

Berberapa wilayah yang tergenang banjir diantaranya, Kampung Karang Kemasan, Kampung Laok Songai, Kampung Segit, Kampung Palanggeren, Kampung Dejeh Songai dan Kampung Karang Kemasan.

Saat ini kondisi air mulai surut dan beberapa wilayah sudah mengering, termasung akses jalur nasional Bangkalan-Sampang sudah normal kembali. (Romi)

Resmi Dilantik, Nyai Hj Nur Kautsar Siap Wujudkan Mimpi Muslimat

0
Resmi Dilantik, Nyai Hj Nur Kautsar Siap Wujudkan Mimpi Muslimat
Ketua PC Muslimat NU Sampang, Nyai Hj. Nur Kautsar Muhtaram saat memberikan sambutan. (Foto: Fahromi Nashihuddin)

Resmi dilantik bersama sebanyak 70 Pengurus Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sampang masa khidmat 2022-2027 di Pendopo Bupati Trunojoyo, Sabtu (7/1/2023), Ketua PC Muslimat NU Sampang, Nyai Hj. Nur Kautsar Muhtaram siap wujudkan program pembelian tanah kantor Muslimat.

“Setelah resmi dilantik tentu gembira, bersyukur, dan berat. Tetapi berat jika dikerjakan bersama insyaAllah bisa untuk menjadikan muslimat berdaya di Kabupaten Sampang,” ungkap Ketua PC Muslimat NU Sampang, Nyai Hj. Nur Kautsar Muhtaram kepada salsabilafm.com, Minggu (8/1) pagi.

Nyai Hj. Nur Kautsar Muhtaram mengutarakan, program pertama yang ingin diwujudkan adalah membeli tanah untuk membangun Kantor Muslimat, karena yang ditempati saat ini di Jl. Imam Bonjol, Dalpenang, Sampang milik pemerintah, hanya hak pakai bukan hak milik.

Untuk itu, dirinya bersama semua Pengurus Muslimat NU berupaya mengumpulkan biaya dengan meletakkan kotak amal yang diletakkan pada setiap pengajian, mulai dari Anak Ranting, Ranting, dan Anak Cabang. Karena kekuatan Muslimat itu ada di Ranting dan Anak Ranting.

“Per Desember 2022, biaya yang sudah kami kumpulkan 400 juta lebih, hampir mencapai 500 juta, dari harga total tanah yang ingin dibeli di daerah Jl. Raja Wali Sampang seharga 1,2 miliar. Tanah itu per meternya 2,5 juta, kita mau beli 700 meter. Mohon do’a dan dukungan semua pihak,” paparnya.

Selain itu, Muslimat NU Sampang siap bersinergi dengan pemerintah Kabupaten dan Dinas terkait dalam menjalan program-program Muslimat, berkhidmat tanpa henti untuk mewujudkan Sampang damai sejahtera, sesuai dengan Visi Misi Sampang Hebat Bermartabat.

Lebih lanjut, Nyai Kautsar menyampaikan bahwa Pengurus PC Muslimat NU Sampang masa khidmat 2022-2027 yang dilantik sebanyak 70 orang terdiri dari dewan pakar, penasehat, pengurus harian, dan bidang-bidang di dalamnya.

“Semua pengurus yang sudah dilantik, saya mohon kerjasamanya demi kebangkitan dan kebaikan Muslimat NU Sampang. Kami ingin Muslimat NU Sampang bisa sejajar dengan Muslimat yang ada di Jawa Timur dan cabang-cabang lainnya,” pungkasnya. (Romi)

Arus Lalu Lintas Tersendat, Kapolsek Blega Himbau Hati-Hati Terobos Banjir

0
Arus Lalu Lintas Tersendat, Kapolsek Blega Himbau Hati-Hati Terobos Banjir
Sibuk, Kapolsek Blega Iptu Moh. Syamsuri saat mengatur arus lalu lintas. (Foto: Isrok)

Banjir yang menggenangi beberapa wilayah Desa Blega, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, mengakibatkan sepanjang ruas jalur Nasional tersendat. Ketinggian air di sepanjang jalur tersebut hampir mencapai lutut orang dewasa.

Pantauan dilokasi banjir, kepadatan yang terjadi di arah Bangkalan-Sampang maupun sebalik nya membuat beberapa anggota Polsek Blega bekerja ekstra agar tidak menyebabkan tumpukan kendaraan.

Terlihat sejumlah pengguna kendaraan, baik roda dua maupun lebih merasa was was saat hendak menerobos deras nya arus air di sepanjang jalur tersebut.

“Kalau roda dua nerobos dipastikan mati mas, karena air diatas mesin motor, tapi kalau roda empat atau lebih, insya alloh masih bisa nerobos,” terang Ismail (49) salah seorang pengguna jalan yang ditemui di lokasi banjir. Minggu (8/1/2023) pagi

Kapolsek Blega Iptu Moh Syamsuri yang dihubungi via seluler menghimbau pengendara entra hati-hati saat hendak menerobas banjir.

“Kalau kendaraan roda dua banyak yang dituntun, ada juga yang memakai jasa truck untuk melintasi banjir, kalau roda empat atau lebih masih bisa dengan catatan harus hati-hati mas, tapi kalau kendaraan sejenis Sedan banyak yang mogok,” katanya.

Hingga saat ini, kata Syamsuri, sejumlah personel berada dilokasi banjir guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Yang jelas, semua personil kita kerahkan,” singkatnya. (Isrok)

Intensitas Hujan Tinggi, Blega Kembali Tergenang Banjir

0
Intensitas Hujan Tinggi, Blega Kembali Tergenang Banjir
Pemandangan antrian kendaraan saat menorobos banjir di Jalan Raya Blega Bangkalan. (Foto: Isrok)

Hujan deras yang mengguyur beberapa wilayah di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, membuat sungai Blega kembali meluap, Minggu (8/1/2023). Informasi yang dihimpun, luapan air mulai menggenangi beberapa ruas jalan nasional serta permukiman warga sejak Minggu dini hari.

Moh Sofi (30) salah seorang warga Kampung Karang Kemasan, Desa Blega, Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan, mengatakan, sebagian besar perkampungan terkena banjir merupakan kawasan dataran rendah yang lokasinya berada di sekitar bibir sungai, seperti Kampung Laok Songai, Kampung Segit, Kampung Palanggeren, Kampung Dejeh Songai dan Kampung Karang Kemasan.

“Sekitar pukul 02.00 dini hari, air mulai masuk mas,” terangnya kepada salsabilafm.com.

Hal yang sama dikatakan Tollib (35), dirinya juga mengaku, sebagaian besar warga yang berada dilokasi rawan banjir, sudah mulai mengantisipasi akan datang nya banjir pada saat musim penghujan seperti saat ini, sebab meski curah hujan di Kecamatan Blega tidak begitu deras, potensi banjir pada musim penghujan sangatlah besar jika di Kecamatan Kokop, Kecamatan Geger dan Kecamatan Konang diguyur hujan deras.

“Sebenarnya air yang masuk ke sungai blega ini aliran sungai dari Kecamatan Geger dan Kecamatan Konang, meski disini tidak deras dan di dua Kecamatan itu deras, potensi banjir sangat besar,” jelasnya.

Hingga berita ini ditulis belum ada keterangan resmi dari BPBD Kabupaten Bangkalan maupun dari kepolisian sektor (Polsek) Blega. (Isrok)

Aksi Demonstrasi Tuntut Kejari Sampang Segera Tangani Tipikor Bansos

0
Aksi Demonstrasi Tuntut Kejari Sampang Segera Tangani Tipikor Bansos
Peserta aksi saat memadati gerbang masuk Kantor Kejari Sampang. (Foto: Fahromi Nashihuddin)

Meresa kecewa terhadap penanganan kasus dugaan korupsi dana Bantuan Sosial (Bansos), Aliansi Masyarakat Sampang Bersatu (AMSB) melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sampang, Jalan Jaksa Agung Suprapto, No. 84 Sampang, Kamis (5/1/2023), pukul 10.00 Wib.

Membawa poster dengan berbagai tulisan kekecewaan, seperti “Sesungguhnya Tipu Daya Kejari Sampang Itu Sangat Dahsyat”, puluhan peserta aksi rela berdesakan di bawah terik matahari untuk menyampaikan sejumlah tuntutan yang harus segera dikabulkan oleh Kejari Sampang.

Diantaranya, Kejari diminta segera menetapkan tersangka dan pihak-pihak yang turut membantu hingga terjadinya dugaan Tindak pidana korupsi (Tipikor) di Desa Gunung Rancak, Kecamatan Robatal, Sampang dan Desa Baruh, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang.

Kemudian juga diminta segera melimpahkan proses selanjutnya ke Pengadilan Tipikor Juanda Surabaya agar segera mendapat kepastian hukum. Melakukan pengembangan kasus hingga pihak-pihak yang juga turut serta terlibat dapat ditemukan.

Aksi ini dilakakukan berkaitan dengan modus yang dilakukan oleh oknum Kades Gunung Rancak berisial (MJ), yang diduga tidak menyalurkan secara utuh beberapa bentuk dan jenis Bansos (BLT-DD, BST, dan Bansos lainya) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) pada tahun 2020-2021.

“Sejak bulan Februari 2022 lalu, Kejari Sampang sudah menerima laporan berbentuk pengaduan masyarakat (Dumas) tentang dugaan penyelewengan Distribusi beberapa Bansos di Gunung Rancak. Namun, hingga saat ini belum ada kejelasan hukum dari Kejaksaan,” ungkap Anaf, Korlap Aksi AMSB.

Anaf menuding, Kejari Sampang masuk angin dalam menangani kasus ini, padahal menurutnya, sudah ada bukti kerugian negara, tapi belum juga ada tersangka yang ditetapkan. “Kerugian negara sudah ada, tapi oknumnya masih bebas. Mana munkin dana bansos dimakan jin,” teriaknya.

Menanggapai tudingan tersebut, pihak Kejari Sampang dalam hal ini Kasi Pidana khusus (Pidsus) Kejari Sampang, Satrio membantah tegah. Menurutnya, pihaknya serius dalam menangani kasus tersebut dan saat ini tengah menunggu hasil laporan yang telah disampaikan ke Kejati.

Terpisah, Kasi Intel Kejari Sampang, Achmad saat ditemui salsabilafm.com menyampaikan, berkaitan dengan kasus dugaan terindikasi Tipikor ini pihaknya telah melakukan pelaporan ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur. Kejari Sampang saat ini masih menunggu hasil laporan tersebut untuk melakukan langkah selanjutnya.

“Karena penanganan kasus korupsi ini berjenjang, kita tidak bisa menentukan waktu seperti tuntutan peserta aksi yang mengatakan kapan kasus ini ditetapkan. Kenapa lama, karena masih banyak juga kasus dugaan korupsi yang ditangani Kejati,” kata Achmad.

Kemudian, ia meminta masyarakat bersabar dan berjanji bahwa Kejari Sampang akan tegak lurus (Law Enforcement) dalam menegakkan hukum dan akan melanjutkan proses tahap penyidikan kasus dugaan penyelewengan/penggelapan Bansos  yang terjadi, sesuai pakta integritas yang telah ditanda tangani bersama pendemo. (Romi)

KPU Kabupaten Sampang Gelar Pelantikan dan Orientasi Tugas Anggota PPK Pemilu 2024

0
KPU Kabupaten Sampang Gelar Pelantikan dan Orientasi Tugas Anggota PPK Pemilu 2024
Prosesi Pelantikan puluhan anggota PPK Pemilu 2024 se Kabupaten Sampang. (Foto: Fahromi Nashihuddin)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang menggelar Pelantikan dan Orientasi Tugas Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Tahun 2024 se- Kabupaten Sampang. Kegiatan tersebut berpusat di Aula Hotel Camplong Sampang, Rabu (4/1/2023) pukul 11.00 Wib.

Prosesi pelantikan 70 anggota PPK se- Kabupaten Sampang ini dipimpin okeh Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah dan dihadiri oleh Bupati H. Slamet Junaidi, Wakil Bupati H. Abdulloh Hidayat, Sekretaris Daerah, H. Yuliadi Setiawan, serta jajaran Komisioner KPU dan Bawaslu Sampang.

Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah melaporkan, pembentukan PPK sudah dimulai sejak 20 November 2022. Menurutnya, dibutuhkan waktu yang cukup panjang serta menguras tenaga dan pikiran untuk mencari dan memilih anggota yang terbaik diantara yang baik.

Disampaikan, jumlah pendaftar dalam rekrutmen PPK Sampang tahun ini mencapai 787 orang. Naik sekitar 70-80 persen dibanding pegelaran Pilkada tahun 2017. “Tahun 2017 jumlah peserta cuma 414 orang,” kata Addy.

Addy Imansyah mengungkapkan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah pendaftar, diantaranya adalah penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Ad Hoc (SIAKBA). Kemudian, adanya motivasi kuat dari para calon anggota PPK untuk berkontribusi nyata dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu 2024.

“Kami sangat memberikan apresiasi positif kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan terhadap proses pembentukan PPK yang sudah dilaksanakan dan dilantik. Kami berpesan untuk melaksanakan tugas dengan baik sesuai peraturan per undang-undangan,” tuturnya.

KPU Kabupaten Sampang Gelar Pelantikan dan Orientasi Tugas Anggota PPK Pemilu 2024
Miftahur Rozaq, Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur, saat diwawancai awak media.

Turut hadir dalam kegiatan, Miftahur Rozaq, Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur menyampaikan, prosesi Pelantikan dan Orientasi Anggota PPK Pemilu 2024 ini dilakukan serentak hari ini oleh 514 KPU Kabupaten/Kota se- Indonesia.

Ia mengingatkan, bahwa tugas sebagai PPK merupakan amanah yang diberikan oleh undang-undang. Tentu menjadi salah satu tanggung jawab utama adalah melaksanakan seluruh tahapan-tahapan Pemilu 2024 berdasarkan prinsip-prinsip penyelenggara.

“Sesuai dengan sumpah dan janji, kemudian dalam pakta integritas ada 11 item yang memberikan penegasan komitmen dan ikrar bersama untuk menjalankan tahapan-tahapan Pemilu serentak 2024 dengan baik, betul-betul dijalankan secara profesional dan berintegritas,” pungkasnya. (Romi)