Harga Murah, Target Produksi Garam di Sampang Malah Semakin Naik

Harga Murah, Target Produksi Garam di Sampang Malah Semakin Naik
Foto Ilustrasi petani garam by pixabay.com

Dinas Perikanan (Diskan) Sampang manargetkan produksi garam mencapai 295 ribu ton untuk tahun 2021. Terget tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangan hasil garam di Kabupaten Sampang

Kabid perikanan dan budi daya diskan Sampang Moh. Mahfud mengatakan, setiap tahun pihaknya memang menargetkan produksi garam. Namun, untuk tahun ini target tersebut naik dibandingkan tahun lalu.

“Memang dari tahun 2018 target produksi garam terus naik, dilihat dari tahun-tahun sebelumnya kita selalu mencapai target bahkan lebih,” Senin, (21/6/2021).

Diakuinya, saat ini semangat petani untuk memproduksi garam berkurang lantaran pengaruh harga garam yang tidak stabil bahkan cenderung merugikan petani. Namun, pihaknya tetap optimis target produksi tahun ini akan tercapai.

“Kita harus mencapai target tersebut, salah satu caranya dengan melakukan kegiatan integrasi lahan, pembinaan, pemberian bantuan dan semacamnya termasuk juga program geomembranisasi,” ujarnya.

Ia menambahkan, bagaimanapun kondisinya, dirinya akan terus mengupayakan agar petani garam di Sampang memproduksi sebab garam tersebut merupakan kebutuhan nasional.

“Terkait harga, sambil lalu akan kita upayakan ke pemerintah pusat agar petambak garam ini diperhatikan,” tutupnya.

Berikut rincian target produksi garam yang terus meningkat dari tahun ke tahun :

Tahun 2018 target produksi garam 275 ribu ton dan tercapai 344 ribu ton, 2019 target produksi 285 ribu ton garam tercapai 314 ribu ton. Sedangkan untuk 2020 target  290 ribu ton hanya tercapai 174 ribu ton garam petani. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *