Terapkan Smart PJU, Pemkab Sampang Baru Mampu Pasang 18 Panel

Terapkan Smart PJU, Pemkab Sampang Baru Mampu Pasang 18 Panel
Deretan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di area kota Sampang. (Foto: Mukrim)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat mulai menerapkan sistem Kwh Smart. Namun hingga saat ini, baru 18 panel lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang terpasang sistem tersebut.

Kasi Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Hery Budiyanto menyampaikan, sistem tersebut merupakan pola pengawasan fasilitas penerangan jalan berbasis teknologi. Yakni, bisa dipantau dari layar monitor dengan kode indikator yang tersistem.

“Jadi sistem tersebut untuk mempercepat penanganan kerusakan PJU, karena jika terjadi kerusakan akan segera diketahui dan ditangani,” terangnya.

Hery Budiyanto menjelaskan, kebutuhan Kwh smart untuk bisa menjangkau semua PJU se-Kabupaten Sampang sebanyak 505 panel. Tetapi, sampai sekarang baru 18 panel PJU yang terpasang Kwh smart.

“Ada sekitar 487 panel yang masih menggunakan sistem e manual,” jelasnya.

Belasan panel yang sudah dipasang, kata Hery tersebar di berbagai lokasi di kecamatan berbeda. Tahun ini akan ada penambahan 4 titik pemasangan kwh smart. Secara bertahap penambahan akan tetap dilakukan setiap tahun.

“Mungkin nanti kalau smart PJU sudah merata, tidak lagi perlu ada tim monitoring di bawah,” pungkasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.