Talk Show Netfid Sampang “Peran Perempuan Dalam Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia”

Network for Indonesia Democratic Society (Netfid) Kabupaten Sampang kembali menggelar Talk Show pendidikan demokrasi dan hak politik di Radio Salsabila, Selasa (23/2/2021) malam.

Dalam talk show kali ini, Netfid Kabupaten Sampang mengangkat tema “Peran Perempuan Dalam Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia” sebagai fokus utama pembahasan.

Ketua Netfid Kabupaten Sampang, Moh. Rui Arifin mengatakan, alasan pengangkatan tema tesebut karena pihaknya menilai banyak perempuan hari ini yang mempunyai potensi untuk ikut andil dalam mensukseskan Demokrasi di Indonesia.

Salah satu diantaranya, lahirnya undang-undang yang menjelaskan keterwakilan perempuan itu diberikan batas sampai 30%. Artinya, perempuan mempunyai hak ikut andil untuk urusan demokrasi.

“Misalnya, perempuan tidak hanya sebatas penyelenggara, tetapi juga bisa aktif di berbagai Partai Politik, bisa menjadi pengurus, mencalonkan diri dan bahkan bisa menduduki kursi parlemen,” jelasnya di sela-sela kegiatan.

Ia menambahkan, budaya patriarki yang hanya menganggap perempuan sebagai kaum termarginalkan, sebatas bertugas di dapur, kasur, dan sumur sedikit demi sedikit harus dihapus di Indonesia khususnya Madura.

“Karena itulah kami Netfid mengangkat tema peran perempuan untuk demokrasi,” ujarnya.

Untuk narasumber talk show kali ini, pihaknya mengundang Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Sampang Siti Aisyah S.I.Kom, M.Sos dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sampang Insiyatun, SHI, MH.

“Karena kami perlu narasumber inspirator dan dapat dijadikan sebagai motivator bagi perempuan-perempuan lain dalam dunia demokrasi, maka kami undang dari penyelenggara yakni KPU dan Bawaslu,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.