Tak Sesuai Harapan, Diskan Sampang Akan Alihfungsikan Tambak Percontohan Jadi Balai Benih Ikan Payau

Dinas Perikanan (Diskan) Sampang membuat tambak percontohan pada tahun 2017. Anggaran yang digelontorkan untuk program tersebut Rp. 190 juta per tahun. Namun, program itu akhirnya dihentikan karena hasilnya tidak sesuai harapan.

Kabid Budi Daya Perikanan Diskan Sampang Moh.Mahfud menyampaikan, tambak percontohan tersebut berada di Desa Taddan, Kecamatan Camplong. Luasannya 63.917 meter persegi dengan daya tampung 30 ribu bibit ikan.

“Melalui program itu, Pemerintah berharap ada pembinaan dan pelatihan secara langsung kepada pembudidaya. Namun, karena hasilnya tidak sesuai harapan, akhirnya Pemerintah memutuskan program itu dihentikan,” ucapnya.

Ia menuturkan, salah satu penyebab tidak maksimalnya program tersebut, tidak adanya tenaga khusus. Padahal, dengan adanya program itu, kemampuan masyarakat dalam membudidayakan ikan diharapkan meningkat.

Mahfud mengatakan, awalnya antusiasme masyarakat belajar membudi dayakan ikan sangat tinggi. Akan tetapi, akhirnya ditinggalkan lantaran ketika masuk masa panen, hasil tambak tersebut tidak maksimal.

Oleh sebab itu, tambak percontohan akan dialihfungsikan sebagai balai benih ikan. Namun, rencana tersebut masih dikaji ulang agar tidak gagal lagi seperti program sebelumnya.

“Kami akan kaji ulang terlebih dahulu, rencananya mau dijadikan balai benih ikan payau,” pungkasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.