Sudah Lama Direncanakan, Pemindahan Terminal Trunojoyo Sampang Belum Juga Terealisasi

Pemindahan Terminal Trunojoyo Sampang sampai sekarang masih belum juga terealisasi. Padahal rencana pemindahan terminal ke Desa Aeng Sareh tersebut sudah lama diketahui publik.

Bahkan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sampang, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, dan DPRD Jawa Timur sudah melakukan survei ke lokasi terminal baru.

Kendati demikian, Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Sampang Yulis Juwaidi tetap memastikan Terminal Trunojoyo akan dipindahkan demi memenuhi kebutuhan ruang di wilayah Sampang.

Karena menurutnya, lokasi terminal yang saat ini beroperasi tidak layak dan tidak memadai untuk digunakan, sebab akses jalan sempit dan berada di pusat kota.

“Pemindahan terminal harus melalui tahapan-tahapan tertentu. Jadi sampai saat ini pemindahannya belum mulai,” jelasnya, Kamis (17/2/2021).

Mantan Kabag Humas Sekretatis Kabupaten Sampang itu menambahkan bahwa lahan untuk tempat terminal baru sudah ditentukan. Hanya saja, proses pembebesan lahan bejum dilakukan.

“Tahun kemarin kami harus menyediakan lahan. Insyaallah tahun ini kami tuntaskan pembebasan lahannya,” katanya.

Yulis menuturkan, pembebasan lahan tersebut bukan persoalan mudah. Butuh kesepakatan dengan pemilik tanah mengenai harga dan semacamnya.

“Perlu sosialisasi kepada pemilik lahan mengenai penentuan harga dari tim appraisal dan transaksi,” tandasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *