Sempat Vakum Karena Pandemi, Disarpus Sampang Upayakan Wasling Terlaksana Tahun Ini

Dikenal memiliki banyak benda bersejarah yang tersebar pada 14 kecamatan di kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) setempat rutin setiap tahun melaksanakan Wisata Arsip Keliling (Wasling).

Namun sayangnya, kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan budaya Sampang terhadap masyarakat, khususnya kalangan pelajar itu vakum selama pandemi covid 19.

Arsiparis Disarpus Sampang Fathur Rozi mengatakan bahwa sejak tahun 2020 lalu, pihaknya tidak dapat melaksanakan kegiatan wisata arsip keliling karena pandemi Covid-19.

“Sebab, pada saat pandemi covid 19 orang dilarang berkerumun, padahal inisiatif Wasling muncul sejak 2019,” jelasnya, Senin (22/2/2021).

Ia menjelaskan, ada 13 titik kunjungan wasling yang gagal di laksanakan pada tahun 2020 kemarin. Akan tetapi, pihaknya akan berupaya agar bisa di laksanakan tahun ini.

“Kami upayakan bisa digelar tahun ini, dengan cara menerapkan protokol kesehatan secara ketat pada saat kunjungan. Seperti memakai masker dan membatasi peserta maksimal 20 orang,” ujarnya.

Disampaikan pula, dalam wasling akan dipajang benda-benda bersejarah, berupa foto sekitar 700 koleksi foto bersejarah termasuk khazanah arsip yang memuat sejarah Sampang sebanyak 20 judul.

Perlu diketahui, Wasling merupakan inovasi Disarpus untuk mengenalkan arsip sejarah yang berada di Kabupaten Sampang terhadap masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan yang Dilaunching pada 16 Juli 2019 ini, dengan cara mengundang sejumlah pelajar untuk mengunjungi langsung beberapa tempat sejarah di Kabupaten Sampang. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *