Sejarah Hari Guru Nasional Yang Diperingati 25 November – Salsabilafm.com

Sejarah Hari Guru Nasional Yang Diperingati 25 November - Salsabilafm.com
Ikhlas, kerja keras guru mengajar semua murid

Banyak peristiwa dan hal penting terjadi pada tanggal 25 November yang kemudian selalu diperingati sebagai catatan sejarah setiap tahunya. Salah satu diantaranya adalah Hari Guru Nasional.

Hari Guru Nasional merupakan bentuk penghargaan terhadap sosok guru yang menjadi tokoh penting dalam dunia pendidikan. Dari perjuangannya banyak lahir tokoh-tokoh agama, nasionalis dan akademisi.

Hari Guru Nasional ditetapkan Presiden Soeharto pada tanggal 25 November 1994, dengan sebuah Keputusan Presiden, yaitu Kepres Nomor 78 tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Menurut keputusan tersebut, tanggal 25 November dipilih karena bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang lahir sejak 1945.

Meski sebenarnya, persatuan guru Indonesia sudah didirikan oleh pemerintah kolonial Belanda sejak tahun1912, namun dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB).

Untuk menghormati pengabdian pahlawan tanpa jasa, umumnya sebagian besar lembaga pendidikan menggelar upacara peringatan pada tanggal 25 November dengan gagap gempita.

Namun karena pandemi Covid-19, Hari Guru Nasional tahun 2020 hanya bisa dilakukan dengan berbagai keterbatasan dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Semoga pada tahun mendatang, peringatan Hari Guru Nasional bisa kembali digelar dengan sempurna sebagai bentuk penghargaan terhadap guru yang berjuluk pahlawan tanpa jasa.

Semangat Hari Guru Nasional 2020, Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *