Ratusan Santri Pondok Pesantren Assirojiyyah Sampang Ikuti Vaksinasi Covid-19

Ratusan Santri Pondok Pesantren Assirojiyyah Sampang Ikuti Vaksinasi Covid-19
Proses vaksinasi Covid-19 terhadap santri Pondok Pesantren Assirojiyyah Sampang, Kamis (22/7)

Sebagai bentuk percepatan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di pesantren secara normal, ratusan santri Pondok Pesantren (PP) Assirojiyyah Kajuk Sampang melakukan vaksinasi Covid-19, Kamis (22/7/2021).

Proses vaksinasi bertempat di halaman pesantren Jalan Pemuda No. 52 c Sampang, bekerjasama dengan pihak Kepolisian Resort (Polres) Sampang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat.

Pengasuh PP Assirojiyyah, KH. Athoulloh Bushiri menyampaikan terima kasih kepada semua pihak dengan digelarnya vaksinasi bagi santri. Ia mengungkapkan, vaksinasi ini bukan untuk mencelakan, namun sebaliknya justru menyelamatkan jiwa.

“Al-aqlus salim fi jismis salim, jiwa yang sehat terletak pada jiwa yang sehat,” jelasnya pada ribuan santrinya.

Kiai yang makruf dengan ketawadhuannya itu berharap, setelah dilakukan vaksinasi massal ini, kegiatan- kegiatan yang telah dijadwalkan di pondok pesantren dapat dilakukan seperti semula.

“Kalau kita sudah sehat, kita akan menghadapi program – program dipondok, insyaallah normal kembali,” dauhnya.

Disampaikan pula, pihaknya tidak memaksa santri untuk mengikuti vaksinasi, santri yang ingin divaksin langsung mendaftarkan dirinya sendiri terhadap panita.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Sampang, AKBP Abdul Hafidz menyampaikan bahwa vaksinasi Covid-19 merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Kita ketahui bersama, Indonesia masih menghadapi wabah. Varian covid-19 yang ada telah mencapai 60 juta varian. Untuk yang di Sampang ada 2 varian Covid-19, yaitu varian Wuhan dan Delta,” paparnya.

Varian tersebut daya tularnya sangat cepat, terutama mereka yang berinteraksi tanpa menggunakan masker. Oleh karena itu, vaksinasi sangat dibutuhkan untuk dilakukan. “Tujuannya untuk melindungi diri masing-masing,” pungkasnya. (Abbaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published.