Peringati Maulid Nabi, Warga Desa Paka’an Dajah Gelar Molod Keliling

Memperingati maulid Nabi muhammad SAW, Warga Desa Paka’an Dajah, Kecamatan Galis, Kabupaten Bangkalan Madura menggelar perayaan “Molod Keliling“.

Molod Keliling merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat Madura untuk tradisi pembacaan sholawat nabi dengan cara berkeliling dari satu rumah ke rumah lain di bulan maulid.

Sekretaris Desa (Sekdes) Paka’an Dajah, Abdul Wahid Ramin mengatakan bahwa Molod Keliling sudah puluhan tahun menjadi tradisi warga desanya.

“Saya tidak tahu Kapan tradisi ini dimulai, sebelum saya lahir sudah ada,” tuturnya saat merayakan maulid di kediamannya, Kamis (29/10/20) pagi.

Disampaikan dia, setiap malam 12 Rabiul Awal sekitar 2000 ribu warga Pakaan Daya berkumpul di masjid setempat untuk merayakan Maulid Nabi.

“Kemudian dilanjutkan berkeliling ke rumah warga hingga pukul 11 malam dan dilanjutkan lagi keesokan harinya, mulai jam 6 pagi sampai menjelang dzuhur,” ucapnya.

Hal yang unik dan berkesan dari tradisi ini, selain mengharap barokah maulid, semua warga yang hadir baik anak-anak, remaja hingga dewasa membawa kantong plastik atau kardus berukuran besar.

“Kantong plastik dan kardus itu untuk membawa buah dan hidangan lain yang diperoleh saat menghadiri Maulid. Bahkan setiap orang bisa dapat 4 hingga 5 kantong,” ucap Sekdes yang akrab disapa Wahid itu.

Terakhir dia berharap, semoga dengan merayakan Maulid Nabi semua warga Paka’an Dajah memperoleh syafaat, barokah, dan jalinan silaturahmi warga bisa semakin kuat. (Romi)

One thought on “Peringati Maulid Nabi, Warga Desa Paka’an Dajah Gelar Molod Keliling

  • November 2, 2020 at 9:03 am
    Permalink

    Hai….. 94.1 salsabila fm

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *