Pelatihan Paralegal LPBH NU Kabupaten Sampang

Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH NU) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur melaksanakan Pelatihan Paralegal di Kantor PCNU setempat, Rabu (24/3/2021) pagi.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Sampang KH. Moh Itqan Bushiri serta diikuti oleh 20 orang mahasiswa hukum perwakilan dari setiap kecamatan di Kabupaten Sampang.

Ketua LPBH NU Sampang, Alfian Farisi, SH menuturkan bahwa tujuan dari pelatihan ini agar para peserta bisa memahami hukum baik secara materiil ataupun secara formil.

“Artinya, mereka bisa melakukan praktek sebagai output ketika mereka sudah dilatih untuk menangani perkara di luar, karena ini bukan pengacara, dan semuanya kasus tidak selamanya dilarikan ke Pengadilan,” jelasnya.

Dari pelatihan ini, peserta dididik untuk mempunyai kreativitas dan kemampuan supaya bisa menyelesaikan masalah di luar pengadilan, karena bagaimanapun hukum juga menjungjung tinggi asas kekeluargaan.

Kemudian, lanjut Alfian, mengenai peran Paralegal mencakupi pengawasan masyarakat, kantor hukum dan dinas. Dalam hal ini Paralegal adalah partner Pengacara, hanya saja tidak bisa beracara di Pengadilan.

Alfian menambahkan, bahwa kegiatan hari merupakan pembukaan dari rangkaian pelatihan Paralegal. Berikutnya, secara continue pihaknya akan mendidik dan membackup peserta Paralegal untuk terus melakukan kajian hukum, baik secara fakultatif, teoritis, maupun kasustik.

“Jadi nanti secara continue setiap sebulan sekali mereka berkumpul untuk mendalami ilmu-ilmu hukum, dan berikutnya teman-teman ini kita berikan materi mendalam dan sambil lalu mereka akan diterjunkan ke lapangan jika ada kasustik,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *