Membanggakan, Mahasiswi Asal Sampang Wakili Indonesia di KTT FAO PBB Roma

Membanggakan, Mahasiswi Asal Sampang Wakili Indonesia di KTT FAO PBB Roma
Siti Aisyah Amini saat berbincang dengan Bupati Sampang H. Slamet Junaidi dalam suatu kesempatan. (Foto: Mas Wiwit)

Siti Aisyah Amini Mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang membagakan tanah kelahirannya yakni Sampang dengan prestasi yang diperolehnya. Aisyah terpilih untuk mengikuti konferensi PBB di Roma pada 31 Agustus-4 September 2022.

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi bersama Forkopimda memberikan apresiasi sekaligus melepas keberangkatan Siti Aisyah Amini yang menjadi satu-satunya delegasi Indonesia dalam KTT Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) PBB, di Pendapa Trunojoyo, Minggu (28/8/2022).

Siti Aisyah merupakan Finalis Duta Wisata Kacong Jebbing Sampang 2021. Perempuan berparas cantik itu akan menyuarakan aspirasi kaum muda Indonesia, khususnya anak nelayan dengan konsep Digital Fisheries.

Menurut Aisyah, Konsep Digital Fisheries harus digalakkan pada sektor perikanan mulai dari penangkapan, produksi, hingga pemasarannya agar para anak nelayan melihat potensi dan peluang untuk meneruskan profesi yang mendukung ketahanan pangan tersebut.

“Kita ingin anak nelayan jika ditanya bercita-cita apa jawabannya dengan tegas hendak meneruskan profesi tersebut, ini menjadi PR kita bersama karena seiring berkembangnya waktu angka profesi nelayan semakin berkurang,” katanya.

Faktor yang menyebabkan menurunnya minat masyarakat untuk meneruskan profesi sebagai seorang nelayan, lanjut Aisyah karena sistem penangkapan ikan yang masih menggunakan sistem tradisional.

“Jika dari proses penangkapan, produksi dan pemasaran sudah modern, bukan tidak mungkin banyak anak muda yang akan menjadi nelayan juga untuk mendukung ketahanan pangan,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengaku bangga dengan prestasi mahasiswa asal Kota Bahari yang dipercaya dan diundang mewakili Indonesia di forum Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

H. Slamet Junaidi berharap Siti Aisyah Amini dapat membawa nama baik bangsa dan negara, serta jejaknya dapat diikuti oleh Pemuda-Pemudi Sampang lainnya.

“Bawa nama baik Sampang, Madura dan Indonesia di Internasional, Siti Aisyah Amini menjadi bukti jika putra daerah kita bisa berprestasi dan dilirik oleh kalangan Internasional,” ucapnya.

Perlu diketahui, selain mendapat akomodasi dan transportasi gratis dari PBB, sebagai bentuk apresiasi Bupati Sampang memberikan uang saku sebesar 700 dollar kepada Siti Aisyah Amini. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.