Kunjungi Ponpes Gersempal Sampang, KSP Moeldoko Sampaikan Perpres Nomor 82 Tahun 2021

Kunjungi Ponpes Gersempal Sampang, KSP Moeldoko Sampaikan Perpres Nomor 82 Tahun 2021
Pengasuh Ponpes Darul Ulum Gersempal, KH. Syaifuddin Abdul Wahid saat menyambut kedatangan KSP RI Moeldoko, Rabu (15/9/2021).

Kepala Staff Kepresidenan (KSP) RI, Jenderal (Purn) Moeldoko, melakukan kunjungan ke Jawa Timur, salah satunya ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Gersempal, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Rabu (15/09/2021).

Dalam kunjungan ini, ia menyampaikan apresiasi kepada para tokoh agama yang telah ikut membantu pemerintah dalam percepatan penyelesaian pandemi Covid-19.

Kemudian ia juga menyampaikan hal penting terkait Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan Pesantren, yang telah resmi ditandatangani.

“Pemerintah memberikan sebuah bentuk afirmasi dalam fasilitas anggaran bahwa pondok pesantren dengan pendidikan umum memiliki hak yang sama dalam memperoleh dana abadi pesantren,” ucapnya.

Selain itu, datangnya Moeldoko ke Sampang juga untuk mendengarkan permasalahan – permasalahan yang penting dari para tokoh agama untuk dibahas oleh Kementrian KSP, seperti permasalah Tembakau, Garam dan lainya.

Pada kesempatan yang sama, Pengasuh Ponpes Darul Ulum Gersempal, KH. Syaifuddin Abdul Wahid mengapresiasi terhadap pemerintah yang telah memberikan hak dan pendanaan terhadap pesantren di Indonesia.

Menurutnya, Perpres ini menjadi kado yang spesial bagi para Santri yang kebetulan akan peringatan hari santri di bulan Oktober 2021 mendatang.

“Tentu kami bersama para kiai dan pengasuh pondok pesantren yang lain, bersyukur serta sangat berterima kasih terhadap pemerintah yang telah meneken Perpres Nomor 82 tahun 2021 untuk pesantren,” ujarnya.

“Kelebihan ya tadi, seperti yang sempat disinggung Pak Moeldoko, yakni ada dana abadi untuk pondok pesantren, bisa langsung ditanyakan ke pihak Kemenag,” pungkasnya. (Abbaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published.