Kecam Kekerasan Oknum Pengawal Men-KKP, Aliansi Jurnalis Sampang lakukan Aksi Solidaritas

Rekan- rekan jurnalis yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) menggelar aksi Solidaritas di Monumen Trunojoyo Sampang, Senin (22/03/2021).

Aksi ini sebagai bentuk perhatian terhadap Andi Nurkholis wartawan Jtv yang mendapat halangan dan kekerasan saat liputan, oleh pengawal Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI saat berkunjung ke tambak udang Vaneme Milenial di Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, kabupaten Situbondo.

Aksi ini diwujudkan dalam bentuk membagikan bunga, masker kepada pengendara yang melintas di depan Monumen dan juga kertas poster berisikan :

  1. Mengecam keras tindakan oknum pengawal KKP karena merupakan bentuk kekerasan dan pelecehan terhadap profesi jurnalis yang tengah melakukan tugasnya.
  2. Mengutuk keras aksi arogan pengawal KKP dalam peristiwa tersebut karena bertentangan dengan UU Pers No 40 tahun 1999.
  3. Mendukung penuh langka IJTI Tapal Kuda yang melakukan upaya hukum atas peristiwa ini.
  4. Meminta semua pihak (Aparat Kepolisian, pemerintah dan masyarakat secara umum) untuk tidak melakukan kekerasan atau menghalang-halangi terhadap kerja insan pers.

Koordinator Aksi (Korlap) Fathurrahman sangat menyayangkan sikap arogansi oknum pengawal menteri KKP RI. Padahal wartawan atau jurnalis yang melakukan peliputan telah mentaati aturan protokol kesehatan Covid-19.

“Apa yang meninmpa saudara kita di Situbondo adalah kejadian tidak bermoral atau berpendidikan, ” katanya.

Pihaknya berharap kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, utamanya ketika melakukan peliputan di lapangan. (Abaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published.