Karapan Sapi di Tengah Pandemi Covid-19 ? Boleh Asal Terapkan Prokes Ketat

Karapan sapi dinilai sangat penting sebagai upaya pelestarian budaya. Dengan demikian, Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang akan menggelar lomba khas Madura itu tahun ini.

Mengingat Pandemi Covid-19 yang belum berhenti mewabah, Disporabudpar Sampang akan menggelar lomba kebanggan masyarakat Madura tersebut dengan penerapan protokol kesehatan ketat.

Plt Kepala Disporabudpar Sampang Marnilem mengatakan, setiap tahun lomba karapan sapi dilaksanakan. Namun, tahun ini tidak dapat berjalan optimal lantaran terhalang pandemi Covid-19.

“Gelaran lomba tersebut biasanya bertahap mas. Yakni, dimulai dari tingkat kecamatan, kemudian lanjut ke tingkat kabupaten. Pemenangnya akan merebut juara presiden tingkat Madura,” ujarnya. Rabu (30/3/2021).

Ia menjelaskan, Karapan sapi biasanya tidak hanya digelar disporabudpar, sebagian kelompok masyarakat tertentu biasanya juga menggelar lomba tersebut.

“Pemerintah mendukung, asal tetap mengikuti aturan yang ada, semisal pada masa pandemi Covid-19 harus menerapkan protokol kesehatan (prokes),” katanya

Mantan camat Jrengik itu menyampaikan, tahun ini akan digelar tahapan-tahapan lomba karapan sapi seperti biasanya. Dipastikan, seluruh tahapan menerapkan prokes secara disiplin. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *