Peran Media Dalam Pelaksanaan Demokrasi di Kabupaten Sampang

Network for Indonesia Democratic Society (Netfid) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur berbicara seputar Peran Media Dalam Pelaksanaan Demokrasi di Kota Bahari.

Tema tersebut diangkat dalam Talk Show pendidikan demokrasi dan hak politik Netfid ke IV di Radio Salsabila, Selasa (30/3/2021) malam.

Ketua Netfid Kabupaten Sampang, Moh. Rui Arifin menilai masih banyak masyarakat yang tidak memahami informasi seputar demokrasi yang disampaikan melalaui media.

Menurutnya, banyak masyarakat yang beranggapan bahwa media tidak memiliki peranan penting dalam pesta demokrasi di Indonesia khususnya Kabupaten Sampang.

“Padahal peran media itu sangat signifikan dalam pelaksanaan demokrasi, jangankan pada saat dimulainya tahapan, sebulum tahapanpun media sudah berperan, seperti memberikan informasi pelaksanaan Pilkada, Pilpres, Pilkades dan sebagainya,” terangnya.

Untuk memberikan pemahaman terkait peran media dalam pesta demokrasi, pria yang aktif sebagai praktisi hukum di Kabupaten Sampang itu mengundang dua narasumber penting dalam talk show kali ini.

“Pertama dari pegiat media sosial yang selaligus menjabat ketua Lakpesdam NU Kabupaten Sampang, Ahmad Faisol Ramdhoni. Kemudian, salah satu wartawan senior yang pernah menjabat sebagai Komisioner KPU Sampang, Hernandi Kusumahadi,” paparnya.

Pria yang akrab disapa mas Roy itu berharap, peran media secara siginifikan dan nyata betul-betul dapat dirasakan masyarakat dalam pesta demokrasi.

“Jadi media itu tidak hanya sebatas memberikan informasi kapan pelaksanaan, siapa yang menang misalnya. Akan tetapi, juga ikut andil dalam mensosialisasikan bahwa demokrasi yang baik itu bagaimana,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *