Kapasitas Gedung Terbatas, Disarpus Sampang Upayakan Lokasi Baru

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Sampang terus menggali dan mencari tahu peninggalan sejarah yang ada di kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur. Hal itu dilakukan, untuk didokumentasikan dalam pelestarian dan bahan edukasi.

Arsiparis Disarpus Sampang Fathor Rossi menyampaikan, untuk saat ini ada sekitar 600 koleksi foto bersejarah. Namun, wamas (wisata arsip) hanya mampu menampung 200 foto akibat terkendala tempat.

“Jejak sejarah di wilayah Sampang sebenarnya mencapai ribuan, untuk koleksinya banyak, cuma tempatnya kurang,” Rabu (3/3/2021).

Fathur Rosi mengatakan, koleksi foto benda bersejarah terus bertambah. Sementara, kapasitas gedung terbatas. Sehingga banyak foto bersejarah yang tidak terpasang.

Ia juga menjelaskan, Perpustakaan yang ada di disarpus rencananya akan dipindah. Sekarang ini pihaknya masih mencari lokasi yang pas.

Jika rencana itu terealisasi, diyakini wamas akan bisa dikembangkan secara maksimal dalam rangka memberi edukasi kepada masyarakat, khususnya bagi generasi muda tentang sejarah. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *