Jika Terealisasikan, Dinkes Sampang Siap Salurkan Vaksin Covid-19 Kepada Masyarakat

i3 1

Sebagai upaya mengatasi pesebaran pandemi Covid-19, Pemerintah Republik Indonesia (RI) akan menyebarkan seratus juta lebih vaksin ke seluruh wilayah tanah air mulai akhir tahun 2020. 

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Agus Mulyadi menyampaikan, Senin (5/10/20) pagi, pihaknya siap melaksanakan setiap tugas yang dicanangkan pemerintah pusat terhadap instansinya.

Terkait vaksin Covid-19, Agus menjelaskan, sebenarnya Dinkes sudah siap tanpa ada persolan. Akan tetapi mungkin ada beberapa kesulitan yang akan dijumpai dalam merealisasikannya, seperti dalam mengadvokasi masyarakat.

“Karena vaksin yang rutin saja banyak penolakan, apalagi vaksin Covid yang merupakan program baru. Tapi kami siap menindak lanjuti kalau itu memang kebijakan pusat,” ucapnya.

Dijelaskan dia, Problem antara halal dan haram merupakan alasan pertama penolakan vaksin bagi masyarakat, ia meyakinkan bahwa pemerintah telah menguji dan memastikan bahwa vaksin Covid-19  halal.

“Kemudian problem kedua, efek dari vaksin itu biasanya panas, kebanyakan masyarakat merasa diobati kok malah panas mending tidak usah, nah inilah kendala insidentil di lapangan,” jelasnya.

Sedangkan promblem yang sangat masif adalah persoalan HOAX yang memberitakan vaksin macam-macam, sehingga menimbulkan persepsi yang keliru di masyarakat.

Oleh sebab itu, Agus berharap, agar masyarakat koperatif terhadap program yang bertujuan untuk melindungi masyarakat dan mau menerima vaksin supaya masyarakat terbebas dari penyakit yang menular, khususnya yang bisa dicegah dengan imunisasi termasuk Covid-19. (RM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *