Gerhana Bulan, Ribuan Santri di Sampang Laksanakan Shalat Khusuf

Gerhana Bulan, Ribuan Santri di Sampang Laksanakan Shalat Khusuf
Ribuan santri Pondok Pesantren Assirojiyyah saat menyimak khutbah khusuful qamar. (Foto: Mukrim)

Menyikapi fenomena alam berupa Gerhana Bulan, ribuan santri Pondok Pesantren (PP) Assirojiyyah melakukan Sholat Khusuf Qamar, Selasa (8/11/2022) malam. Shalat Gerhana Bulan tersebut dilaksanakan setelah sholat Isyak secara berjemaah.

Dipimpin langsung KH. Athoulloh Bushiri, Pengasuh PP. Assirojiyyah, nampak ribuan santri dan sejumlah warga setempat khusuk mengikuti rangkaian ibadah shalat khusuf di Masjid Ar-Rohmah yang terletak di halaman pesantren, tepatnya di Jalan Pemuda Nomor 52 c Sampang.

Dalam khutbahnya, Kiai Athoullah Bushiri menyampaikan, Gerhana bulan adalah salah satu tanda kekuasaan Allah dari begitu banyak tanda-tanda kekuasaan Allah yang lain. Banyak karunia yang telah Allah berikan, termasuk menyaksikan gerhana bulan sebagai salah satu keagungan Allah.

“Anugerah ini seharusnya bisa meningkatkan kualitas ibadah. Utamanya, memperbaiki ketaqwaan dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi yang dilarang. Dengan demikian semoga kita termasuk kalangan yang beruntung,” katanya.

Ia juga mengimbau agar para santri jangan menyingkapi fenomena alam gerhana bulan ini secara berlebihan dan mempercayai pada mitos yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah serta melanggar syariat dan keyakinan dalam agama Islam.

Selain itu, lanjut Kiai Athoullah, umat Islam juga dianjurkan memperbanyak dzikir, do’a, istighfar, taubat, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya.

“Fenomena pergerakan benda-benda langit yang demikian tertib, agung, dan menakjubkan adalah tanda akan hadirnya Dzat dengan kekuasaan yang tak mungkin tertandingi oleh apa pun dan siapa pun. Dialah Allah Subhanahu Wata’ala,” imbuhnya .

“Semoga fenomena gerhana bulan kali ini meningkatkan kedekatan kepada Allah subhanahu wata’ala, membesarkan hati untuk ikhlas menolong sesama,” pungkasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *