Formasa Ziarah Kubur Peringati Hari Pahlawan di Sampang

IMG 20201110 WA0106
Sebanyak 20 anggota Formasa berziarah ke Pebabaran Trunojoyo Sampang. Foto : Fahromi N

Memperingati Hari Pahlawan pada tanggal 10 November 2020, Forum Mahasiswa Sampang (Formasa) melakukan ziarah bersama ke makam para pahlawan, Selasa (10/11/20) sore.

Ada dua titik ziarah dalam kegiatan ini, yakni Pababaran Trunojoyo Jalan Pahlawan Gg. VIII Sampang dan Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Kusuma Bangsa Sampang.

Arifin, Ketua Umum Formasa mengatakan, ziarah ini untuk mengingatkan kepada semua kader dan anggota Formasa serta mahasiswa Sampang pada umumnya bahwa di Sampang terkubur jasad-jasad orang yang berani mendedikasikan nyawanya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa.

“Sehingga nantinya, mahasiswa Sampang bisa sadar bahwa mereka (Pahlawan) memberikan nyawanya terhadap bangsa ini dan apa yang kita dapat berikan terhadap bangsa khususnya Kabupaten Sampang,” jelasnya.

IMG 20201110 WA0107
Pababaran Trunojoyo Jalan Pahlawan Gg. VIII Sampang

Selain itu, tujuan lain dari ziarah adalah untuk mengenalkan tempat dimana ari-ari pangeran Trunojoyo dikubur di Pebabaran Trunojoyo Sampang kepada beberapa mahasiswa yang belum mengetahui itu.

“Kita hanya mengingatkan bahwa siapa Trunojoyo yang namanya ada di logo Kabupaten Sampang, dan kita ingin memperkenalkan pahlawan-pahlawan yang ada di Kabupaten Sampang,” tuturnya.

Diharapkan dia, ziarah ini bisa menumbuhkan kesadaran dan bisa memancing jiwa-jiwa mahasiswa untuk berkontribusi nyata terhadap kabupaten Sampang, baik dalam pengawasan ataupun gerakan sosial. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *