Bertepatan Hari Pahlawan, Ketua Lesbumi Sampang Ajak Teladani Pangeran Trunojoyo

IMG 20201111 WA0000
Sederhana, Ketua Lesbumi PC NU Kabupaten saat dijumpai di kediamannya, Selasa (10/11/20) siang.

Bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional, Ketua Lembaga Seniman Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi) PC NU Kabupaten Sampang, H. Daiman mengajak tauladani sosok Pangeran Trunojoyo.

Ketua Lesbumi PC NU Kabupaten Sampang itu mengatakan Pangeran Trunojoyo merupakan sosok pahlawan yang kepahlawanannya lebih dari pahlawan yang lain.

“Karena awal mula perlawanan di tanah Jawa, satu-satunya tokoh adalah Trunojoyo yang melawan pertama kali VOC Belanda, bahkan Untung Suropati Diponegoro masih dibelakang Trunojoyo,” terang H. Daiman pada salsabilafm, Selasa (10/11/20).

Dia menceritakan, alasan perlawanan Trunojoyo Karena kerajaan Mataram waktu itu berkongsi dengan VOC Belanda yang tidak sesuai dengan adat istiadat dan kepercayaan orang Jawa yang memegang ke-Islaman Wali Songo.

Lebih lanjut, ia mengajak semua masyarakat Sampang untuk meneladani sosok Trunojoyo yang merupakan santri muda pemilik keprihatinan jiwa terhadap masyarakat dan tanah airnya.

“Bisakah anak muda sekarang mempunyai jiwa seperti itu, prihatin terhadap orang tua, masyarakat, dan daerahnya. Trunojoyo bisa menggentarkan nasional, bisakah anak Sampang menggentarkan Madura,” tuturnya.

Mampukah pemuda Sampang membawa nama daerahnya dengan prestasi. “Waktu itu prestasi Trunojoyo mampu melawan ketidak baikan, tirani kekuasaan,” imbuhnya.

Dari situ ia mengajak semua pemuda Sampang untuk meningkatkan skil sesuai cara yang mereka inginkan sehingga mampu mengantar Sampang hingga ke tingkat internasional.

“Maka dari itu kita gerakkan anak muda untuk tahu sejarah, karena rugi jika orang Sampang tidak tahu sejarah leluhurnya sendiri. Mungkin dari situ mereka bisa terbawa spiritnya untuk berkarya lebih baik dan kuat lagi,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *