Bupati H. Slamet Junaidi Harapkan Bandeng Pangarengan Jadi Oleh-Oleh Khas Sampang

Bupati H. Slamet Junaidi Harapkan Bandeng Pangarengan Jadi Oleh-Oleh Khas Sampang
Bupati Sampang H Slamet Junaidi ditemani Ketua TP PKK Sampang Hj. Mimin Slamet Junaidi saat menghadiri panen raya bandeng Pangarengan. (Foto: Prokopim Pemkab)

Bupati Sampang, H. Slamet Junaidi menghadiri serta mengapresiasi panen raya bandeng yang dilakukan oleh masyarakat Desa Ragung, Kecamatan Pangarengan, Kabupaten Sampang, Senin (13/12/2021).

Menurut orang nomor wahid di Kabupaten Sampang itu, panen raya bandeng tersebut merupakan percontohan sangat baik sebagai motivasi bagi warga lainnya agar bersama-sama membangkitkan ekonomi kreatif pada sektor perikanan.

“Saya minta kepada Dinas terkait untuk membantu memfasilitasi semangat masyarakat, misal bibit bandengnya kemudian dibantu pendampingan untuk mengemas olahan secara kreatif dan terakhir marketnya harus dibantu,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Daerah telah menginstruksikan toko modern seperti Alfamart dan Indomaret di Sampang untuk mengakomodir penjualan produk UMKM asli masyarakat Kota Bahari.

“Kami ingin tindak lanjut acara ini terus berkembang dengan baik, jadikan potensi Bandeng Pangarengan sebagai produk yang nantinya bisa menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Sampang,” pesannya.

Pemilik Tambak, H. Suaiful Ulum mengatakan, selain Bandeng masih banyak kekayaan sumber daya alam di Pangarengan yang dapat dibudidayakan sebagai upaya pengembangan kemandirian ekonomi dan ketahanan pangan masyarakat.

“Selain Bandeng juga ada udang, kepiting, kakap dan beberapa ikan lainnya yang juga dapat kami budidayakan dan kembangkan,” ungkapnya bersyukur.

Sedangkan untuk Bandeng sendiri, masyarakat Pangarengan akan mencoba mengemas dengan berbagai inovasi seperti bandeng presto, otak-otak bandeng dan lainnya.

“Untuk mewujudkan ini, tentu kami membutuhkan peran serta Pemerintah Daerah dalam memberikan pendampingan agar usaha dan inovasi yang kami lakukan lebih mudah menembus pasar,” tutupnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.