BLT DD Kecamatan Sampang 2020 Terkendala Anggaran

20201118 081600
Suhanto, Plt Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang

Bantuan langsung tunai dari dana desa (BLT DD) tahun 2020 terus dilakukan penyaluran. Penyaluran Bantuan terhadap masyarakat Sampang tersebut, saat ini telah masuk tahap 4, 5, dan 6, hanya Kecamatan Sampang yang masih terkendala anggaran.

“Masalahnya terkait anggaran, khawatir desa itu nanti ada rasan-rasan dari masyarakat, ini persoalan lama, sudah saya perintahkan bagaimana kemampuan keuangan itu disalurkan Ke BLT, secukupnya saja, kalau ada kelebihan anggaran seharusnya masuk silpa,” Jelas Suhanto, Plt Kepala Dinas Pemberdayaaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sampang, Selasa (17/11/2020).

Sementara desa-desa yang lain di Kota Bahari sudah masuk pengajuan Dana Desa (DD) Gelombang ke 3, disitu pula masuk pada BLT perpanjangan 7, 8, dan 9.

“Jadi ini proses mungkin dalam minggu depan atau minggu ini sudah bisa tersalurkan,” ucapnya.

Menurutnya jika BLT DD yang mencakupi tahap 4, 5 dan 6 belum selesai maka tidak bisa melanjutkan BLT DD Gelombang ke 3 yang masuk dalam anggaran tahap 7, 8 dan 9 meliputi bulan Oktober, November dan Desember.

“Bagi yang anggarannya cukup, kalau anggarannya tidak cukup misalnya tersedot pada bulan sebelumnya, ya sudah sampai disitu,” lanjutnya.

Untuk diketahui, masa penyaluran BLT DD selama 6 bulan terhitung sejak April 2020, besaran Bantuan tersebut per bulan sebesar 600 ribu per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk 3 bulan pertama meliputi April, Mei, dan Juni.

Kemudian besaran BLT per bulan sebesar 300 ribu rupiah per KPM untuk 3 bulan berikutnya yaitu Juli, Agustus, dan September.

Dan terakhir Kemendes PDTT memperpanjang hingga Desember 2020 dengan besaran yang sama. (Abaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *