Amankan 40 Motor, Polres Sampang Bersihkan Balap Liar Jelang Ramadhan

Amankan 40 Motor, Polres Sampang Bersihkan Balap Liar Jelang Ramadhan
Kapolres Sampang AKBP Arman saat memimpin pers realese di Satlantas kota setempat. (Foto: Fahromi N)

Bulan Ramadhan merupakan momen suci di mana para umat Islam menunaikan ibadah puasa dan menyibukkan diri dengan berbagai hal baik lainya. Namun, masih ada saja yang abai seolah tak yakin akan berkahnya.

Bukan memperbanyak ibadah, sebagian masyarakat malah memanfaatkan momentum bulan suci ramadhan untuk melakukan hal yang tidak berguna dan mengganggu ketentraman mereka yang fokus mengumpulkan pahala.

Salah satu aktivitas yang dinilai sangat membahayakan dan mengganggu ketentraman adalah balap liar yang kerap dilakukan menjelang berbuka puasa dan malam hari seusai penunaian ibadah sholat tarawih.

Untuk memastikan kenyamanan masyarakat menunaikan ibadah puasa, Kapolres Sampang AKBP Arman mengatakan bahwa selama bulan suci ramadhan 1443 H, pihaknya akan rutin melaksanakan patroli sore menjelang buka puasa.

“Hal itu akan kami lakukan untuk mengantisipasi kejadian kriminalitas, balap liar yang mengganggu kekhusukan masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa,” paparnya, Selasa (29/3/2022) pagi.

Sebagai langkah awal, pada Minggu (27/3) sekitar pukul 01.00 Wib, Satlantas Polres Sampang melakukan patroli penindakan balap liar dan penggunaan knalpot brong di Jalan Samsul Arifin Sampang. Sebanyak 40 sepeda motor berhasil diamankan.

“Sebagian kendaraan tersebut tidak dilengkapi surat-surat kepemilikan. Balap liar ini sangat meresahkan sehingga banyak masyarakat melaporkan kepada kami dan masyarakat menginginkan para pelaku balap liar ditindak tegas,” terangnya.

Dijelaskan, pemilik 40 kendaraan sepeda motor yang terjaring dalam patroli tersebut akan disidangkan setelah hari raya idul fitri. Sedangkan, selama menunggu proses sidang, sepeda motor akan diamankan di kantor Satlantas Polres Sampang.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sampang supaya memperbanyak kegiatan-kegiatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta memperbanyak kegiatan sosial selama bulan Ramadhan,” katanya.

“Apabila masih ditemukan balap liar, kami akan menindak tegas dengan terukur kepada semua pelaku balap liar demi menciptakan rasa aman, nyaman dan damai masyarakat saat menjalankan ibadah puasa,” pungkasnya. (Romi)

Baca juga : https://salsabilafm.com/polres-sampang-amankan-10310-gram-sabu/

Tangkap 4 Orang Warga Jember, Polres Sampang Amankan 103,10 Gram Sabu
Kapolres Sampang AKBP Arman saat menunjukkan barang bukti penangkapan. (Foto: Fahromi N)

Leave a Reply

Your email address will not be published.