Akibat Covid-19, Hari AIDS Sedunia di Sampang Sepi Peringatan

Akibat Covid-19, Hari AIDS Sedunia di Sampang Sepi Peringatan
Kabid P2P Dinkes Sampang, Hanian Farouq saat menunjukkan data penderita AIDS.

Tanggal 1 Desember diperangati sebagai World AIDS Day atau Hari AIDS Sedunia. Umumnya banyak volunteer di Sampang, Madura, Jawa Timur memperingati hari ini dengan berbagai cara yang berbeda.

Namun untuk Hari AIDS Sedunia tahun ini, yang jatuh pada Selasa (1/12/20) kota berjuluk Sampang Bahari sepi peringatan akibat pandemi Covid-19.

Kabib Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, Hanian Farouq mengatakan pada tahun-tahun sebelumnya, para kader dan volunteer AIDS di Sampang selalu memperingati Hari AIDS Sedunia.

“Biasanya tahun-tahun kemarin, melalui kader dan volunteer AIDS Sampang memperingati Hari AIDS Sedunia di jalan dengan membagikan bunga, brosur dan sebagainya,” papar Hanian Farouq kepada salsabilafm, Selasa (1/12/20).

Brosur tersebut, lanjutnya, berisikan ajakan untuk mewaspadai penyakit AIDS, gejala AIDS, dan supaya tidak menjahui orang terdampak AIDS serta memperlakukannya seperti biasa.

Namun pada tahun 2020, pihaknya memohon maaf karena tidak bisa merayakan Hari AIDS Sedunia seperti tahun-tahun lalu, karena fokus dalam penanganan virus Corona.

Akan tetapi, Dinkes Sampang tetap melakukan pemantauan apabila ada perkembangan kasus AIDS di Kabupaten Sampang.

Menurutnya, pada tahun 2020 jumlah penderita HIV/AIDS di Sampang mengalami penurunan dibanding tahun 2019. “Pada tahun 2019 ada 47 penderita. Sedangkan tahun 2020, terhitung hingga Juli ada 23 penderita,” ucapnya.

“Menurut analisa saya, kasus AIDS di Sampang tahun ini tidak akan melampaui tahun lalu. Mudah-mudahan tetap di angka 23,” harapnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *