Universitas Terbuka Surabaya, Kampus Berkualitas Sistem Pendidikan Jarak Jauh

Universitas Terbuka Surabaya, Kampus Berkualitas Sistem Pendidikan Jarak Jauh
Pemberian cindramata oleh Universitas Terbuka Surabaya kepada perwakilan Radio Salsabila. (Foto: Fahromi N)

Bermaksud memberikan layanan pendidikan yang berkualitas, Universitas Terbuka (UT) Surabaya menyapa masyarakat Sampang melalui talk show bertajuk “UT: Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Menuju Indonesia Emas” di Radio Salsabila, Rabu (15/12/2021).

Dalam kesempatan ini, Dosen UPBJJ UT Surabaya Drs. Dwi Sambada Spd., M.pd mengemukakan bahwa UT sebagai perguruan pertama sejak tahun 1984 menerapkan pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh.

“Misi Universitas Terbuka untuk memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia hingga ke pelosok desa termasuk di Kabupaten Sampang,” ucapnya.

Universitas Terbuka memiliki 39 kantor layanan (UPBJJ-UT) yang tersebar di seluruh Indonesia dan 1 Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri. Surabaya merupakan UPBJJ terbesar yang memiliki peringkat 2 dalam jumlah mahasiswa seluruh Indonesia di lingkup Universitas Terbuka.

“Saat ini UPBJJ-UT Surabaya fokus untuk menjangkau yang tidak terjangkau dan memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa batas. Hal itu terbukti dari lulusan UT mendominasi dalam lulusan CPNS tahun sebesar 9.436 di seluruh Indonesia,” paparnya.

Pada saat yang sama, Dra. Titik Setyowati, M.pd menambahkan bahwa Universitas Terbuka adalah perguruan tinggi negeri ke-45 yang menyelenggarakan pendidikan melalui system terbuka dan jarak jauh. Istimewanya di Universitas terbuka ini setiap orang bisa menjadi mahasiswa tanpa pembatasan.

“Tidak ada pembatasan di UT, baik pembatasan tahun kelulusan SLTA, usia, ataupun batas wilayah domisili. Kuliah di Universitas terbuka juga bebas uang Gedung, bebas drop out, tidak perlu menulis skripsi bagi calon sarjana dan tidak ada KKN,” ungkapnya.

Program pendidikan Universitas Terbuka mulai program sertifikat, diploma hingga pasca sarjana dengan berbagai fakultas. Diantaranya Fakultas Saint dan Teknologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.

Sementara untuk Program Pasca Sarjana meliputi Magister Ilmu Administrasi, Magister Manajemen, Magister Ilmu Kelautan, Magister Pendidikan Matematika, Magister Pendidikan Dasar, serta Magister Pendidikan Bahasa Inggris. Sedangkan untuk S3 ada Doktor Administrasi Publik dan Doktor Ilmu Manajemen. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.