Tinjau Banjir di Sampang, Ini Rencana Besar Gubernur Jatim Kedepan !

Tinjau Banjir di Sampang, Ini Rencana Besar Gubernur Jatim Kedepan !
Serius : Gubenur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau pompa air

Banjir bukan hanya persoalan Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang melainkan juga pekerjaan rumah bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur yang harus segera diselesaikan.

Untuk itu, Gubenur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung kondisi Rumah Pompa Air pada sejumlah lokasi di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu (20/12/20).

Setelah melakukan peninjauan, Khafifah Indar Parawansa berencana untuk membangun Embung (Cekungan penampungan air hujan) di lima lokasi atau membangun Floodway berdaya tampung 300 kubik perdetik.

“Ada dua opsi yang bisa dilakukan untuk mengatasi banjir, yakni membangun embung dengan kapasitas besar atau membangun floodway,” ungkapnya.

Diharapkan, dua opsi tersebut bisa menjadi solusi jangka panjang untuk mengatasi bencana banjir yang melanda Sampang di musim penghujan. Mengingat sheet pile yang terpasang di sungai Kamuning saat ini belum bisa menjadi solusi.

Namun menurutnya, dua opsi tersebut masih perlu kajian strategis dan koordinasi lebih lanjut bersama semua pihak terkait khususnya Kementerian terkait.

“Supaya bisa terealisasi perlu kajian strategis dan koordinasi lebih lanjut lagi,” katanya.

Tinjau Banjir di Sampang, Ini Rencana Besar Gubernur Jatim Kedepan !
Bersinergi, Wakil Bupati H. Abullah Hidayat bersama Gubenur Jawa Timur

Menanggapi itu, Wakil Bupati Sampang, H. Abdulloh Hidayat siap memberikan dukungan secara penuh terhadap rencana jangka panjang Pemprov Jawa Timur tersebut.

Sedangkan untuk saat ini, Pemprov Jawa Timur memastikan semua pompa air akan kembali hidup sebelum tanggal 24 Desember mendatang.

“Kami harap kehadiran Gubenur ini bisa menjadi angin segar bahwa pemerintah hadir untuk membantu masyarakat terdampak banjir di Sampang,” harapnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *