Terkendala Teknis, Rencana Objek Wisata Mandangin Sampang Dikaji Ulang

Terkendala Teknis, Rencana Objek Wisata Mandangin Sampang Dikaji Ulang
Indah, panorama alam Pulau Mandangin Sampang

Pulau Mandangin yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Kambing, kini tak hanya berfungsi sebagai gerbang ke luar masuk pulau, tapi nantinya akan menjadi sarana rekreasi atau destinasi wisata baru di Pulau Garam Madura.

Pulau Mandangin juga akan dibentuk menjadi salah satu pusat kegiatan warga saat mereka meluangkan waktu senggang untuk sekedar swafoto (selfie) atau berlibur bersama keluarga.

Pembentukan wisata di Pulau Mandangin Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Madura yang sebelumnya digadang-gadang akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat tidak dapat direalisasikan dalam waktu cepat.

Pasalnya, rencana pembentukan sejumlah wisata diantaranya, wisata religi Ragapadmi dan Bangsacara, wisata pasir putih, dan wisata diving serta snorkling tersebut sedang dikaji ulang.

Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, Imam Sanusi, Selasa (8/12/20) saat dijumpai di ruangannya.

Ia mengungkapkan, perencanaan pembentukan pulau Mandangin sebagai objek wisata di tahun 2021 mendatang masih belum bisa dipastikan.

Karena menurutnya, Peraturan Presiden (Perpres) No 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Wilayah Jatim yang akan mengintervensi Mandangin saat ini sedang dikaji ulang.

Sebab, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menemukan kedala teknis karena lahan yang akan dijadikan lokasi wisata di Pulau Mandangin merupakan milik Husky.

Sehingga, lahan itu harus diperuntukkan ke sektor kesehatan dan pendidikan untuk masyarakat setempat. Bukan diperuntukkan sebagai objek wisata.

“Jadi Perpres tentang percepatan pembangunan ekonomi di wilayah Jatim yang akan mengintervensi Mandangin masih dilakukan pengkajian ulang,” jelasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *