Program Bantuan Ternak, Disperta Sampang Siapkan 62 Ekor Sapi Untuk Poktan

Program Bantuan Ternak, Disperta Sampang Siapkan 62 Ekor Sapi Untuk Poktan
Aktivitas jual beli sapi lokal di pasar hewan Sampang, Kamis (24/6/2021)

Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Sampang Suyono melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Hendra Gunawan mengatakan, pengadaan bantuan ternak sapi tahun ini direncanakan sebanyak 62 ekor.

“Puluhan sapi itu akan diberikan kepada tujuh kelompok tani (poktan). Jumlah bantuan ternak tahun ini lebih banyak dari tahun 2020 yang hanya 40 ekor,” ungkapnya kepada salsabilafm.com.

Dijelaskan, setiap tahun bantuan pengadaan sapi untuk poktan memang selalu ada. Bantuan tersebut merupakan hasil dari Jaring Aspirasi Masyarakat (Jasmas) DPRD.

“Karena dananya dari aspirasi dewan, maka penerimanya adalah poktan yang direkom anggota dewan. Sebab, pihaknya tidak punya kewenangan untuk menentukan poktan yang akan jadi penerima bantuan,” katanya.

Ia menambahkan, setiap poktan akan menerima bantuan sapi sebanyak 8 hingga 9 ekor. Namun, hingga sekarang belum diketahui nama poktan yang akan menerima bantuan tersebut.

“Sekarang masih proses SK penerima dana hibah dari bupati. Untuk masalah anggaran, kami juga belum mengetahui jumlah anggaran yang akan dipakai untuk program bantuan pengadaan sapi tersebut,” ucapnya.

“Cuma kami pastikan bahwa anggaran tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sampang 2021,” imbuhnya.

Dia menegaskan, kalau prosesnya sudah siap, pihaknya baru melakukan survei harga. Untuk realisasi program bantuan tersebut akan diawasi secara ketat oleh Dinas Pertanian.

“Kami akan mengecek kondisi sapi apakah spesifikasinya sudah sesuai sebelum diserahkan kepada poktan penerima. Kalau soal pengawasan, kami hanya terlibat di pengawasan dan kontrolnya saja,” tutupnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *