Pasar Sapi Blega Bangkalan Tetap Buka Saat PPKM Darurat, Cek Syarat dan Harganya !

Pasar Sapi Blega Bangkalan Tetap Buka Saat PPKM Darurat, Cek Syarat dan Harganya !
Aktivitas jual beli sapi di pasar hewan Blega Bangkalan, Senin (12/7/2021)

Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah akan jatuh pada 20 Juli 2021. Sejak jauh-jauh hari, umat muslim biasanya mulai mencari hewan kurban sesuai kemampuan masing-masing.

Memasuki hari ke 10 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat, para pedagang hewan kurban di pasar sapi Blega, Bangkalan, Madura tetap diizinkan beraktivitas, namun tetap diminta mentaati protokol kesehatan secara ketat.

“Kami tidak dilarang untuk melakukankan jual beli hewan kurban namun selama beraktivitas di pasar, kami tetap diminta menjaga jarak, tidak berkerumun dan wajib memakai masker saat berinteraksi dengan pembeli,” kata Matruji (38) pedagang sapi asal desa Nyurmanis Bangkalan, Senin (13/7/2021).

Ditanya masalah harga, ia menjelaskan adanya kenaikan untuk tahun ini, meskipun minat masyarakat untuk membeli hewan kurban relatif turun menjelang hari raya kurban ini.

“Untuk harga sapi lokal madura yang sebelumnya kisaran Rp 18 juta – Rp 19 juta per ekor, sekarang naik jadi Rp 21 juta bahkan ada yang Rp 22 juta per ekor,” katanya.

Ia menjelaskan, ada beberapa faktor seperti adanya penutupan jalan dan naiknya harga jual sapi di pasaran sehingga daya beli masyarakat menurun.

“Penurunan minat masyarakat membeli hewan kurban ada beberapa faktor, di antaranya sedang berlaku PPKM Darurat, belum lagi akses jalan yang ditutup dan wajib prokes,” tutupnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *