Niat Puasa Ramadhan Berikut 4 Hikmah Penunaiannya Bagi Umat Muslim

Niat Puasa Ramadhan Berikut 4 Hikmah Penunaiannya Bagi Umat Muslim
Marhaban ya Ramadhan

Ramadhan merupakan salah satu bulan yang istimewa dalam Islam. Setiap umat Muslim di bulan Ramadhan juga diwajibkan melaksanakan puasa selama satu bulan penuh.

Dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 183-184, Allah SWT berfirman agar umat Islam melaksanakan puasa agar bertakwa

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ
اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ وَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗ وَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Lafadz Niat Puasa Ramadhan

Berikut lafadz niat puasa Ramadhan madzhab Syafi’i :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

4 Hikmah Puasa Ramadhan

Meski setiap tahunnya umat Islam melaksanakan puasa, namun nyatanya masih banyak yang belum tahu hikmah dan kebaikan dari puasa Ramadhan. Berikut adalah 4 hikmah puasa Ramadhan yang wajib diketahui umat Islam.

1. Meningkatkan Taqwa Kepada Allah SWT
Dalam QS Al Baqarah ayat 183, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”

Dari ayat tersebut, sudah jelas bahwa salah satu hikmah yang diperoleh dari puasa adalah meningkatkan ketakwaan seorang hamba kepada Allah SWT.

2. Menjadi Lebih Qanaah
Qanaah artinya menerima takdir yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT. Dengan melaksanakan ibadah puasa, maka kita akan senantiasa selalu bersyukur terhadap segala sesuatu yang Allah SWT berikan.

3. Mengontrol Hawa Nafsu
Salah satu hikmah yang paling dirasakan saat melaksanakan puasa adalah dapat lebih mengontrol hawa nafsu. Hal ini karena kita lebih banyak melakukan kegiatan positif yang mendatangkan kebaikan dan pahala dibanding mengejar kepentingan duniawi. Puasa juga dapat mencegah seseorang melakukan perbuatan maksiat yang dibenci oleh Allah SWT.

4. Meningkatkan Kesehatan
Puasa dapat membantu kita dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan jiwa dan raga. Secara jasmani, sistem pencernaan akan bekerja maksimal untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Sedangkan secara rohani, Anda akan lebih dekat dengan Allah SWT.

Semoga bemanfaat dan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan tahun 1442 H. Mari tingkatkan ketaqwaan kepada Allah, menjadi pribadi istiqomah, kalahkan hawa nafsu, dan sehat jasmani dan rohani. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *