Moment HKB 2021, Kepala BPBD Harapkan Masyarakat Paham Siaga Sebelum Bencana

Moment HKB 2021, Kepala BPBD Harapkan Masyarakat Paham Siaga Sebelum Bencana
Foto bersama anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang berkolaborasi dengan Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Sampang melaksanakan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) di Kantor BPBD setempat, Senin (26/04/2021).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang, Asroni, mengharapkan pada masyarakat di Moment HKB ini, agar semakin siaga dan sadar akan sebelum terjadi bencana, apa yang harus dilakukan.

Moment HKB 2021, Kepala BPBD Harapkan Masyarakat Paham Siaga Sebelum Bencana
Asroni Kepala BPBD Kabupaten Sampang

“Jadi bukan pada saat terjadi bencana atau pasca, tapi sebelum terjadi bencana, apa yang harus dilakukan seperti gejala-gejala kalau hujan disertai angin, terus tidak tinggal ditempat yang rawan longsong,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Kebencanaan dan Logistik (KL) BPBD Kabupaten Sampang H. Imam, menyatakan pelaksanaan HKB ini, berdasarkan surat edaran dari Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo, bahwa dalam HKB, diadakan beberapa rangkaian kegiatan.

“Berkolaborasi dengan FPRB, Rounddown acara tadi, yang pertama melakukan doa bersama terhadap personel prajurit kita yang telah mengalami musibah, yang dipimpin kepala Kalaksa,” jelasnya.

Kemudian dilanjutkan melakukan pemukulan kentong secara bersama dan diikuti dengan membunyikan sirene mobil evakuasi BPBD dibantu pula Mobil tim Damkar.

“Juga melakukan simulasi bencana alam gempa dikantor BPBD secara sederhana,” lanjutnya.

Kemudian diakhiri dengan ucapan selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) oleh Kepala Kalaksa BPBD Sampang didampingi staff TRC serta ucapan selamat juga disampaikan oleh FPRB. (Abbaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *