Memasuki Musim Tanam, Harga Sapi Turun di Sampang – Salsabila FM

Memasuki Musim Tanam, Harga Sapi Turun di Sampang - Salsabila FM
Aktifitas di pasar hewan Pangarengan Sampang, Kamis (7/1)

Memasuki musim tanam, harga sapi di pasar hewan Pangarengan Sampang, Madura, Jawa Timur mengalami penurunan dibanding hari-hari sebelumnya.

Turunnya harga sapi di pasaran lantaran banyaknya petani Madura khususnya Sampang yang memilih menjual ternaknya di musim tanam.

Thorimin (40), salah satu petani asal Robatal Sampang mengaku kerepotan jika harus mengurusi ternak di musim tanam. Selain itu, ia juga membutuhkan modal untuk membeli bibit dan kebutuhan lainnya.

Umumnya, alasan inilah yang membuat petani banyak menjual ternaknya di musim tanam meski dengan harga yang relatif lebih murah.

“Saya lebih prioritaskan pertanian jika musim tanam, khawatir juga sapinya tidak terurus,” ucapnya, Jum’at (8/1/2021).

Memasuki Musim Tanam, Harga Sapi Turun di Sampang - Salsabila FM
Transaksi jual beli sapi di pasar hewan Pangarengan Sampang

Bura’i (41), pedagang sapi asal Proppo Pamekasan mengatakan, banyaknya petani yang menjual ternaknya mengakibatkan stok berlimpah. Di sisi lain, daya beli konsumen menurun sehingga berdampak pada turunnya harga sapi di pasaran.

“Untuk sekarang karena musim tanam harga sapi murah mas, tapi kalau pas musim panen biasanya mahal lagi. Saat ini harga sapi turun antara Rp1,5 juta hingga Rp2 juta per ekor,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasi Informasi Perdagangan Disperindag Sampang, Busar Wibisono, menyatakan harga jual sapi memang fluktuatif atau mengalami naik turun.

“Dari pantauan kami memang ada penurunan harga sapi, tapi tidak signifikan, ini memang sering terjadi di musim tanam,” jelasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *