Media Terhalang Pagar, Musdes Pemilihan Kades PAW Bancelok Digelar Tertutup

Media Terhalang Pagar, Musdes Pemilihan Kades PAW Bancelok Digelar Tertutup
Musdes Pemilihan Kades PAW Bancelok digelar tertutup. (Foto: Fahromi Nashihuddin)

Musyawarah desa (Musdes) Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu (PAW) Desa Bancelok berlangsung tertutup di Kantor Kecamatan Jrengik Sampang, Senin (30/5/2022). Bahkan insan pers yang hendak melakukan kerja jurnalistik juga dilarang masuk ke area kegiatan.

“Maaf mas tidak boleh masuk, ini sudah perintah atasan, kami hanya menjalankan perintah. Selain itu, di dalam sudah ada petugas Kominfo,” ucap A. Setiawan salah satu petugas kepolisian kepada insan pers saat hendak melewati gerbang masuk kantor Kecamatan.

Merasa terbatasi melakukan tugas sebagai kuli tinta, pasca kegiatan sejumlah awak media yang hadir langsung melakukan konfirmasi kepada pihak terkait, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) dan pihak kepolisian setempat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Sampang, Chalilurrahman menyatakan bahwa terkait awak media yang dilarang masuk bukan ranah pihaknya, melainkan tanggungjawab pihak keamanan.

Namun menurutnya, hal itu dilakukan supaya Musdes PAW Bancelok dapat berjalan sebagaimana mestinya. “Karena melihat kondisi sebelumnya yakni sempat sedikit terjadi kericuhan dalam penetapan Cakades PAW Bancelok,” terangnya.

Sementara itu, Kapolsek Jrengik Iptu Budi Purnomo beralasan karena kegiatan ini adalah musyawarah desa jadi selama kegiatan berlangsung hanya petugas dan panitia yang boleh masuk, sedangkan media diberi ruang pasca kegiatan.

“Karena kegiatan ini adalah musyawarah, dan sampean-sampean ini tetap dikasih kesempatan setelah kegiatan ini selesai melalui dinas terkait,” ujarnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.