KPU Kabupaten Sampang Gelar Rapat Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

KPU Kabupaten Sampang Gelar Rapat Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan
Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah saat memimpin rapat PDPB. (Foto: Mukrim)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sampang melaksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan II Tahun 2022. Berpusat di Aula Kantor KPU, Senin (27/9/2022) pukul 19.00 Wib, rapat tersebut bertujuan untuk memastikan akurasi Data Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu serentak tahun 2022.

Ketua KPU Kabupaten Sampang, Addy Imansyah melalui Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Sampang, Aliayanti menjelaskan, Rapat Koordinasi PDPB ini diselenggarakan rutin setiap 3 bulan sekali oleh KPU untuk memelihara, memperbarui, dan mengevaluasi DPT Pemilu.

“Hal ini kami lakukan secara terus-menerus dan berkelanjutan untuk digunakan sebagai penyusunan DPT pada Pemilu dan pemilihan berikutnya,” terangnya.

Selain itu, juga untuk menyediakan data dan informasi pemilih berskala nasional dan daerah mengenai data pemilih secara komprehensif, akurat dan mutakhir dengan menggunakan teknologi informasi agar tetap menjamin kerahasiaan data.

“Sasaran pemutakhiran PDPB adalah WNI yang berdomisili di Kabupaten Sampang sesuai dokumen administrasi kependudukan (E-KTP) dengan 3 syarat, genap umur 17 tahun, tidak sedang dicabut hak pilihnya, dan berdomisili di Indonesia,” paparnya.

Denjelaskan, KPU Sampang sangat inten melakukan koordinasi dengan instansi yang menangani administrasi kependudukan dan instansi lainnya yang dinilai memiliki wewenang mengolah data kependudukan seperti Dispendukcapil dan lainnya.

“Hasil pemutakhiran DPB bulan September 2022 sebanyak 811.033 pemilih, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 400.812 pemilih dan perempuan sebanyak 410.221 pemilih yang tersebar di 14 kecamatan,” pungkasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *