Kepulangan PMI Asal Sampang Diprediksi Akan Terjadi Hingga Juli 2021

Kepulangan PMI Asal Sampang Diprediksi Akan Terjadi Hingga Juli 2021
Senang, anak dari PMI asal Sampang ketika menyambut kedatangan ibunya

Sudah sebanyak 1.682 Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Sampang pulang ke kampung halaman. DPMPTSP dan Naker Sampang menyampaikan bahwa jumlah tersebut akan terus bertambah hingga Juli mendatang.

Plt. Kepala Bidang (Kabid) Penempatan dan Pengembangan Tenaga Kerja DPMPTSP dan Naker Sampang Agus Sumarso menyampaikan, kepulangan PMI asal Sampang terhitung sejak 30 April 2021 lalu.

Pihaknya memprediksi kepulangan pekerja migran asal Sampang akan terus berlangsung hingga Juli 2021 mendatang.

“Jumlah PMI yang dipulangkan akan terus bertambah, karena kemungkinan pemulangan akan berakhir di Juli 2021,” ungkapnya.

Agus membeberkan, pandemi Covid-19 memberikan dampak sigfinikan terhadap nasib para Pekerja Migran Indonesia, banyak pemutusan kerja terjadi hingga pencabutan izin kerja.

“PMI yang pulang ke Sampang tersebut karena terdampak pandemi Covid-19 karena TKI yang non prosedural sudah dicabut izin kerjanya,” ujar Agus.

Hingga saat ini pihaknya masih belum bisa memastikan jumlah keseluruhan PMI asal Sampang yang pulang kampung pada tahun ini. Namun pihaknya akan tetap melayani dan memfasilitasi kepulangan mereka.

“PMI asal Sampang yang pulang tahun ini memecahkan rekor, akibat dampak negara terkait banyak yang lockdown,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *