Kenang Perjuangan Leluhur, Aliansi Jurnalis Sampang Gelar Upacara Kebangsaan

Kenang Perjuangan Leluhur, Aliansi Jurnalis Sampang Gelar Upacara Kebangsaan
Aliansi Jurnalis Sampang mengibarkan bendara merah putih di pesisir pantai Nepa Banyuates Sampang. (Foto: Mukrim)

Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77 dengan melaksanakan Upacara Bendera, Rabu (17/8/2022). Bertitik di Pantai Kera Nepa Banyuates Sampang, pengibaran bendera merah putih diikuti sejumlah pelajar dan disaksikan banyak warga setempat.

Ketua Aliansi Jurnalis Sampang (AJS) Abdul Wahed mengatakan, upacara pengibaran bendera merah putih merupakan agenda tahunan AJS yang selalu digelar dalam rangka merayakan HUT Kemerdekaan RI. Tahun 2021 lalu, kegiatan ini juga digelar pada salah satu bukit di Kecamatan Jrengik Sampang.

“Tahun ini kami memilih pantai pesisir utara Nepa yang terletak di Desa Batioh, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang. Pantai Nepa sebagai salah satu destinasi wisata di Sampang kami pilih untuk mengenang 77 tahun perjuangan para pahlawan kemerdekaan,” kata Wahed.

Kegiatan ini terlaksana atas dukungan dan kerjasama antar pengurus, termasuk juga tempat acara itu masukan dari pengurus. Wisata pantai Kera Nepa banyak hewan Kera, juga tempat tersebut memiliki sejarah, yakni sejarah keberadaan Raden Segoro yang pernah hidup di pesisir utara.

Wahed melanjutkan, pada momentum peringatan HUT RI itu para jurnalis biasanya melakukan peliputan di tempat upacara perayaan HUT RI. Akan tetapi saat ini anggota AJS berupaya beda dengan biasanya, yakni menggelar upacara sendiri bersama sejumlah siswa di pedesaan.

Sebelum melaksanakan upacara HUT RI, satu hari sebelumnya mereka camping di pesisir pantai. Usai mendirikan tenda mereka menjalin keabraban dengan warga setempat, juga menggali beberapa informasi sejarah dan melihat kondisi pengelolaan wisata pantai Kera Nepa.

“Kita berangkat ke lokasi satu hari sebelum pelaksanaan. Waktu untuk tiba ke lokasi dari pusat Kota Sampang harus menempuh perjalanan kurang lebih satu jam setengah,” tambahnya.

Kendati demikian, tepat pada tanggal 17 Agustus 2022, semua anggota AJS melakukan persiapan upacara dengan melakukan gladi. Kemudian melaksanakan upacara HUT RI ke – 77 tepat pada pukul 09.45 WIB.

“Alhamdulilah upacara berjalan lancar. Dan, kami bangga bisa menggelar upacara pada momentum hari kemerdekaan RI ke -77. Semoga dengan kegiatan ini menjadi suatu kehormatan dan mengingatkan kembali tentang jasa para pahlawan untuk merebut kemerdekaan,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.