Karpet Merah dan Balada Cinta, Inovasi Baru Dispendukcapil Untuk Masyarakat

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur terus berupa memberikan inovasi baru untuk meningkat pelayanan terhadap masyarakat.

Pada tahun 2021 ini, ada dua inovasi baru yang diluncurkan oleh Dispendukcapil terhadap masyarakat. Yakni, program Karpet Merah dan Balada Cinta.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sampang Edi Subinto menjelaskan, Karpet Merah merupakan akronim dari Kartu Tanda Penduduk 17 Tahun Menerima di Rumah dan Sekolah.

“Jadi kita bekerjasama dengan pihak sekolah untuk proses pembuatan KTP bagi pemula, untuk sementara kita lakukan door to door dulu dari rumah ke rumah,” terangnya.

Berkaitan dengan inovasi Karpet Merah, bagi pemula yang telah memproses nanti akan mendapat piagam dari Bupati berupa ucapan selamat atas usia 17 tahunnya yang telah memperoleh e-KTP.

Sedangkan untuk Balada Cinta merupakan akronim dari Bayi Lahir Langsung Dapat Cetak Akta dan KIA. Dalam pelaksanaannya, Dispendukcapil bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

“Jadi di Puskesmas itu jika ada bayi layir maka kita layani pembuatan akta kelahiran dan kartu identitas anak. Perealisasian program ini telah kami lakukan di Puskesmas Jrangoan, Banyuanyar, dan Tanjung,” ungkapnya.

“Kedepannya hal ini akan kami kembangkan ke seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Sampang dan Rumah Sakit,” tambahnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *