Gubenur Jawa Timur Tinjau Pompa Penyedot Banjir di Sampang

20211113 231834
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa Ketika melihat kondisi rumah pompa penyedot banjir di Sampang, Sabtu (13/11) sore.

Gubernur Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau langsung kondisi tiga rumah mesin pompa penyedot banjir yang terletak di bantaran sungai Kali Kamoning Sampang, Sabtu (13/11/2021) sore.

Tiga mesin pompa penyedot banjir tersebut terletak di Jalan Delima, Kelurahan Gunung Sekar, di Dag Bukor, Desa Panggung, Kecamatan Sampang dan di jalan Bahagia, Kelurahan Rongtengah Sampang.

Khofifah menyampaikan, sebelum melakukan apel menghadapi banjir di Sampang, ia telah memerintahkan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi untuk mememastikan bahwa rumah pompa dan pipa bisa berjalan dengan baik.

Hasilnya, ada genset yang harus dilengkapi di rumah pompa penyedot Dag Bukor dengan harapan itu bisa membantu proses sirkulasi air. Air dibutuhkan untuk pertanian, tetapi sirkulasinya perlu diatur dengan mekanisme seperti rumah pompa.

“Kita harus waspada bahwa BMKG memberikan warning dini La Nina dan hidro meteorologi yang memungkinkan intensitas hujan tinggi, puting beliung, banjir bahkan banjir bandang dan longsor. Warning ini harus menjadi perhatian bersama agar kita waspada,” tutupnya.

Wakil Bupati Sampang, H. Abdullah Hidayat menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa karena telah mengecek semua rumah pompa penyedot banjir yang ada di perairan sungai Kamoning.

“Barusan kita sudah cek di Jl Bahagia tidak ada masalah, di Jl Delima juga tidak ada masalah, yang dulunya ada permasalahan dengan aki dan sebagainya sudah teratasi, dan yang di Dag Bukor ini kabelnya belum ada karena masih pengadaan dan lelang,” jelasnya.

Sebagai solusi, PU Provinsi memiliki beberapa genset yang dapat membuka dan menutup pintu air di rumah pompa penyedot banjir Dag Bukor. “Ibu Gubernur tadi berpesan kepada saya, sabar pak Wabup, yang penting ada solusi dan bisa bekerja dengan baik,” pungkasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.