Gelar Pameran, Komunitas Perupa Sampang Launching Eduwisata Batik

Penuh kerja keras dan perjuangan, mungkin dua kata itu yang patut disandangkan terhadap Komunitas Perupa Sampang (KPS), Madura, Jawa Timur.

Tidak ada kata berhenti bagi mereka, seni sudah menyatu melebur menjadi satu dengan jiwa. Kali ini KPS Sampang menggelar pameran tunggal dua sisi dan launching Eduwisata Batik.

Pameran tersebut digelar selama sepekan penuh. Mulai peresmian Eduwisata Batik Sampang pada tanggal 17 sampai 25 Oktober 2020 lalu.

“Dalam pameran tunggal bertajuk Dua Sisi, semua karya lukisan bernuansa batik yang mengangkat kearifan lokal daerah Sampang, menceritakan tentang khas, budaya dan makna tersendiri yang berbeda,” kata Hartono, Seniman penggagas pameran ini, Senin (26/10/2020).

IMG 20201026 WA0113
Antusiasme masyarakat Sampang terhadap pameran dan Launching Eduwisata Batik.

Ketua KPS, Chairil Alwan mengaku sangat bangga terhadap anggota seniman yang telah membuktikan dan menunjukkan aneka ragam karya bernuansa batik tulis.

“Melihat karya pameran tunggal Dua Sisi, sangat memberikan motivasi baru dan mendorong kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi melestarikan budaya khususnya melalui kesenian,” jelasnya.

Pihaknya menilai, Eduwisata Batik Sampang sangat tepat menjadi salah satu referensi bagi calon pengrajin batik tulis dan dapat mengikuti pelatihan bagaimana cara membatik dengan mahir dan profesional.

“Yang tak kalah pentingnya, masyarakat dapat menawarkan program kegiatan terkait batik-membatik,” pungkasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *