Dispertan Sampang Himbau Petani Waspada Hama di Musim Hujan

Dispertan Sampang Himbau Petani Waspada Hama di Musim Hujan
Tekun : Petani Kecamatan Jrengik Sampang melakukan aktivitasnya

Menghadapi tingginya curah hujan yang terjadi saat ini, Kepala Dinas pertanian (Dispertan) Sampang, Madura, Jawa Timur menghimbau para petani untuk mewaspadai serangan hama.

Hal ini dilakukan demi menjaga produktifitas hasil panen padi petani. Mengingat selama 11 bulan terakhir, terdapat ratusan hektar tanaman padi rusak diserang hama.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pertanian Sampang, Suyono mengatakan, mulai Januari hingga November 2020, ada 260 hektar tanaman padi di Sampang rusak terserang hama.

Menurutnya, sejauh ini hama yang menyerang tanaman padi milik petani di Kota Bahari merupakan jenis hama blas pyricularia dan wereng.

Untuk itu, agar jumlah lahan padi yang terserang hama tidak semakin meluas, para petani wajib meningkatkan kewaspadaannya supaya tidak terjadi gagal panen.

“Saya harap petani waspada, Karena di musim penghujan populasi berbagai jenis hama meningkat sebab terjadi kelembapan suhu yang cukup tinggi,” terang Suyono, Senin (4/1/2020).

Suyona meminta para petani segera melapor kepada tim peyuluh pertanian di daerah masing-masing bila ada tanda-tanda serangan hama.

Terpisah, Tono (43) salah satu petani di Kecamatan Jrengik mengaku siap dan waspada terhadap serangan hama. Bersama petani lainnya, ia rutin memeriksa kondisi tanamannya.

“Mengantisipasi serangan hama di musim penghujan , kami selalu rutin membersihkan lahan padi mas supaya tidak gagal panen,” ucapnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *