Cegah Pesebaran PMK, Pemerintah Berencana Lakukan Vaksinasi Ternak

Cegah Pesebaran PMK, Pemerintah Berencana Lakukan Vaksinasi Ternak
Kondosi salah satu pasar hewan di Kabupaten Sampang. (Foto: Mukrim)

Mencuatnya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang berencana melakukan vaksinasi, agar persebaran PMK tidak semakin meluas.

“Dalam sebuah rapat koordinasi bersama Pemprov, nantinya vaksinasi akan diprioritaskan pada sapi perah dan rencananya vaksinasi tidak akan dilakukan pada semua ternak,” ungkap Hendra Gunawan, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Disperta KP Sampang, Kamis (23/6/2022).

Namun menurut Hendra, rencana vaksinasi hewan ternak sampai sekarang belum ada kelanjutan dan belum juga direalisasikan. Karena itu, untuk sementara institusinya masih melakukan pengobatan secara konvensional.

Ada beberapa langkah pencegahan yang sudah dilakukan Pemerintah Daerah. Seperti, penyemprotan disinfektan di area kandang ternak, pemeriksaan kondisi kesehatan ternak, serta membatasi lalu lintas hewan ternak antar daerah.

“Saat ini, kami menyiapkan posko pengaduan di setiap Pusat kesehatan hewan atau Puskeswan yang ada di wilayah Kabupaten Sampang. Kami himbau masyarakat segera melapor jika ” tutpunya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.