Bayi Lahir Di RSUD Mohammad Zayn Sampang Langsung Dapat Akta dan KIA Gratis

Bayi Lahir Di RSUD Mohammad Zayn Sampang Langsung Dapat Akta dan KIA Gratis
Dirut RSUD dr Mohammad Zyn Sampang dr. Agus Akhmadi dan Plt Kepala Dispendukcapil Sampang Edi Subinto usai menandatangani MoU, Selasa (21/9/2021).

Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Mohammad Zayn Sampang, dr Agus Akhmadi menandatangi MOU bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) setempat, Selasa (21/9/2021) siang.

Kerjasama ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan RSUD dr Mohammad Zyn Sampang, berupa fasilitas cetak Akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara gratis bagi ibu yang melahirkan di rumah sakit plat merah ini.

Direktur RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang, dr. Agus Akhmadi menyampaikan bahwa setiap bayi yang lahir akan mendapatkan Akta Kelahiran dan KIA, sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya warga Kota Bahari.

“Apa yang kami lakukan diharapkan dapat membantu masyarakat, semoga kedepan kami bisa mengeluarkan program program yang baru, untuk memudahkan semua masyarakat Sampang dalam mengakses pelayanan di RSUD dr. Mohammad Zyn,” imbuhnya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Sampang, Edi Subinto menambahkan bahwa kerjasama ini selaras dengan program yang dijalankan instansinya, yaitu bayi lahir langsung dapat cetak Akta dan KIA (Ballada Cinta).

“Jadi nanti bayi yang baru lahir itu, akan mendapat dokumen Kartu Keluarga (KK) baru yang tercantum anak tersebut, Akta Kelahiran dan KIA yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam perjalanan ataupun ketika masuk ke jenjang pendidikan,” ucapnya.

Selain itu, untuk RSUD dr Mohammad Zyn Sampang, pihaknya akan memberikan akses agar dapat membuka dan melihat data kependudukan warga Sampang atau daerah lain yang berobat di rumah sakit ini.

“Jadi kalau ada penduduk dari luar Sampang yang berobat di rumah sakit ini akan bisa dilihat datanya dan ini juga telah mendapat rekom dari Dirjen, yang pertama RSUD dan yang Kedua Dinas Kesehatan,” jelasnya.

Sementara itu, Misbahul Munir, (40) warga Desa Nyeloh, Kecamatan Kedungdung, Sampang menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak Rumah Sakit yang telah membantu anaknya, hingga bisa memiliki Akta, KIA, dan Sertifikat.

“Saya merasa bangga dan bahagia atas kemudahan yang diberikan oleh RSUD dr. Mohammad Zyn Sampang,” pungkasnya. (Abbaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published.