Agrowisati Fokus Disporabudpar Kembangkan Sektor Pariwisata

Agrowisati Fokus Disporabudpar Kembangkan Sektor Pariwisata
Pemandangan Taman Wijaya sebagai salah satu tempat bersantai warga Sampang. (Foto: Mukrim)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang melalui Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) setempat akan berupaya memaksimalkan segala potensi wisata di Kota Bahari. Salah satu fokusnya melakukan pengembangan agrowisata.

Kepala Disporabudpar Sampang, Marnilem menjabarkan bahwa peningkatan sektor wisata akan selalu menjadi perhatian pemarintah, melalui pengenalan potensi wisata, baik dalam skala lokal, provinsi, hingga nasional.

“Pengembangan wisata masyarakat menjadi salah satu fokus Pemkab Sampang. Karena sektor pariwisata dipercaya mampu menjadi daya ungkit pemulihan ekonomi pasca pandemi,” kata Marnilen, senin,(5/9/2022).

Diungkapkan, wisata Sampang saat ini menggalakkan agrowisata, yaitu rangkaian kegiatan wisata yang memanfaatkan potensi pertanian tanpa mengabaikan ragam potensi lain bernilai wisata, baik budaya, alam, sejarah, kuliner, dan aspek wisata lainnya.

“Kami akan terus berupaya agar masyarakat datang ke Kota Bahari. Konsep wisata tidak hanya tentang liburan menikmati alam, tetapi harus ada manfaat lain yang didapat. Seperti memiliki nilai edukasi dan bisa merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Marnilem mengakui, pengembangan wisata di Kabupaten Sampang memang belum sempurna. Menurutnya, Hal itu tidak cukup ditangani sendiri. Perlu sinergi dari banyak pihak, mulai dari lintas OPD, pemerintah desa, maupun swasta.

“Kami terbuka apabila ada swasta atau investor yang akan menggagas objek wisata. Kalau untuk Sampang, pasti Pemerintah mendukung, asal sesuai dengan mekanisme yang ada,” ujarnya.

“Kami tetap optimistis akan mampu mengenali potensi yang bisa dikembangkan. Apalagi, saat ini pemerintah desa bisa mengembangkan diri melalui dana desa,” tutupnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published.