4.629 PJU Sampang Kekurangan Petugas Pengawas

4.629 titik yang terpasang PJU hanya diawasi 14 petugas yang tersebar di setiap kecamatan di kabupaten Sampang, Madura, Jawa timur. Hal ini menyebabkan pengawasan terhadap lampu penerangan jalan umum (PJU) sulit untuk dimaksimalkan.

Kasi Teknis Sarana dan Prasarana Jalan Dinas Perhubungan Sampang Heri Budiyanto mengatakan, setiap PJU butuh pengawasan agar kondisi PJU di lapangan dapat diketahui.

“Jika melihat dari jumlah PJU yang terpasang, jumlah petugas pengawasan tidak ideal, paling tidak setiap kecamatan terdapat 2 petugas, dengan begitu kondisi PJU yang ada terpantau setiap saat,” terangnya, Rabu (24/2/2021).

Heri juga menjelaskan PJU sering rusak, utamanya di wilayah yang jauh dari perkotaan. Misalnya, rusak akibat bencana alam, lampu mati akibat salah satu sarananya dicuri dan semacamnya.

“Sejak awal kami sudah mengajukan penambahan tapi ditolak dan hanya disetujui satu petugas di setiap kecamatan,” tuturnya.

Ia juga menambahkan Ribuan PJU yang terpasang itu tidak diketahui pasti kondisinya, apakah masih utuh atau tidak.

Dijelaskan pula, ribuan PJU yang terpasang pada banyak lokasi tersebut tidak diketahui secara pasti kondisinya, apakah tetap utuh atau tidak.

” Yang jelas Dishub menginstruksikan petugas di setiap kecamatan menginventarisasi kondisi PJU itu,” pungkasnya. (Mukrim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *