Untuk Tegakkan Keadilan, LPBH NU Sampang Akan Gelar Program SAPU LIDI

Untuk menegakkan keadilan, Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sampang akan menggelar program Sampang Peduli Keadilan (SAPU LIDI).

“Sapu lidi merupakan kepanjangan dari pada Sampang Peduli Keadilan, kita mengambil nama itu berangkat dari filosofi orang Madura, Sapu lidi itu identik dengan kekompakan,” ungkap Lukman Hakim, Sekretaris LPBH NU Sampang, Rabu (10/2/2021).

Lukman Hakim menjelaskan bahwa Sapu lidi akan membahas persoalan keadilan di Sampang, jika penegak hukum kompak dalam menegakkan keadilan maka pelanggaran hukum atau tindak pidana akan berkurang.

Sapu lidi merupakan salah satu program baru LPBH NU pada tahun 2021 yang tidak hanya akan digelar sekali melainkan berkelanjutan sesuai dengan topik kasustik yang marak terjadi di Sampang.

“Perdana, rencananya akan digelar pertengahan bulan Maret nanti untuk mengangkat satu topik yang hari ini masih marak terjadi di Sampang. Untuk jelasnya akan kami urai menjelang hari H,” katanya.

“Contoh kegiatan, kita akan menggelar forum Sapu lidi yang membahas peredaran gelap narkoba yang sudah diungkap maupun belum. Jadi sifatnya berbasis kasustik yang marak terjadi seperti pembunuhan, pemerkosaan dan lainnya,” ujarnya.

Salah satu latar belakang kegiatan ini, kata Lukman, karena LPBH adalah unit lembaga dari NU dan NU selalu peduli terhadap masyarakat, tentu forum Sapu lidi dibuat untuk masyarakat yang menginginkan keadilan dari penegak hukum.

Artinya, Sapu lidi merupakan sumbangsih rekan-rekan LPBH, baik yang sudah berlatar belakang pengacara maupun yang masih pra-legal dalam rangka mengungkap keadilan yang hari ini masih mangkrak.

“Target utama Sapulidi untuk menegakkan keadilan di Sampang,” tegasnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.