Tingkatkan Pelayanan, Dispendukcapil Sampang Siap Beli 3 Unit Anjungan Dukcapil Mandiri

Tingkatkan Pelayanan, Dispendukcapil Sampang Siap Beli 3 Unit Anjungan Dukcapil Mandiri
Santai, Edi Subinto, Plt Dispendukcapil Sampang saat ditemui di ruangannya

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur akan membeli 3 unit mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) pada tahun 2021 mendatang.

Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) merupakan alat yang berguna untuk memudahkan masyarakat dalam mencetak dokumen kependudukan secara mandiri.

“Anjungan ini bisa mencetak KTP, KIA, KK, Akte kelahiran dan Akte Kematian,” ungkap Edi Subinto, Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Sampang, Senin (7/12/20) pagi.

Terkait pembelian ADM, Dispendukcapil Sampang telah menyiapkan anggaran sebesar Rp. 600 juta. Mengingat satu unit mesin anjungan tersebut berharga 200 juta rupiah.

“Rencananya konsep saya ini, maunya satu unit ADM ditaruh di Mall Pelayanan Publik (MPP), satu di Pantura, dan satunya lagi di daerah barat,” terangnya.

Sedangkan untuk cara pengoperasian ADM, dirinya belum berkenan memberikan penjelasan secara mendetail. Namun menurutnya, bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan ADM harus terlebih dahulu registrasi ke Dispendukcapil.

“ADM itu digunakan untuk mencetak saja yang tidak melakukan perubahan. Intinya ADM ini sama seperti Anjungan tunai mandiri, hanya saja yang diambil bukan uang, melainkan KTP, KK, dan lainnya,” tutupnya. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *