Selama Ramadhan, Tahapan Vaksinasi di Kota Bahari Tetap Dilakukan

Selama Ramadhan, Tahapan Vaksinasi di Kota Bahari Tetap Dilakukan
Agus Mulyadi Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Sampang

Proses Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur tetap berlangsung meskipun di Bulan Suci Ramadhan 1442 H/2021 M.

Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Sampang, Agus Mulyadi, menyatakan di Bulan Suci Ramadhan ini, ada beberapa masyarakat meminta untuk menunda pelaksanaanya.

“Hanya memang beberapa masyarakat yang meminta menunda pelaksanaan vaksinasi, karena bukan masalah halal haramnya sebenarnya, tapi masalah khawatir saja, kondisinya tidak enak setelah divaksin, tapi kita tetap siap ketika masyarakat datang, ya kita vaksin,” ungkapnya, Senin, (26/04/2021).

Disampaikan, untuk saat ini proses vaksinasi telah merambah masyarakat lansia usia diatas 59 tahun dengan jumlah sasaran antara 35 sampai 80 ribu orang.

“Memang lansia ini cukup hati-hati juga, khawatir nanti ketika ada apa-apa dikira vaksin, padahal tidak, bisa jadi karena pikiran, karena emosi, dan sebagainya, kita tidak memaksa juga, kita serahkan kepada orangnya masing-masing,” lanjutnya.

Sementara itu, untuk stok vaksin Covid-19 diprediksikan mencukupi sampai akhir Bulan Mei mendatang, itu juga bergantung pada ketersedian vaksin di Kabupaten, jika ada kekurangan akan diusulkan kembali ke Provinsi Jawa Timur.

“Jadi tidak semua target total kemudian di drop Provinsi, berdasarkan tahapan,” imbuhnya.

Sampai saai ini, disampaikan pula, bahwa total vaksinasi di Kota Bahari telah mencapai 75 persen, dari tahapan-tahapan yang telah dilalui.

Sedangkan, tahapan Vaksinasi Covid-19 selanjutnya akan menjamah mereka yang beresiko, seperti pedangang, Pondok Pesantren dan sebagainya.

Pihaknya berharap selain vaksinasi ini, masyarakat juga harus memperhatikan 5 M, tetap harus diterapkan dan dipatuhi.

“Jadi jangan kemudian karena telah di Vaksin, akhirnya tidak memakai masker dan sebaginya,” pungkasnya. (Abbaz)

Leave a Reply

Your email address will not be published.