Relokasi Terminal Trunojoyo Sampang, 8,4 Miliar Untuk Pembebasan Lahan

Rencana pemindahan Terminal Trunojoyo Sampang, Madura, Jawa Timur yang bertempat di Jalan Tengku Umar ke wilayah Desa Aeng Sareh telah memasuki tahap pembebasan lahan.

Anggaran sebesar Rp. 8,4 miliar yang bersumber dari dana APBD tahun 2021 disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sampang untuk mewujudkan relokasi terminal Sampang.

Kepala Seksi Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Sampang Arif Maulana menjelaskan anggaran miliaran rupiah tersebut disesuaikan dengan kebutuhan biaya pembebasan lahan.

“Anggaran Rp 8,4 miliar itu disesuaikan dengan permintaan harga tanah dari masyarakat,” jelasnya, Rabu (3/2/2021).

Sedangkan kebutuhan luas lahan untuk pembangun terminal baru diprediksi mencapai 3 hektar. Kemudian ada berbagai tahapan yang harus dilakukan sebelum itu.

Meliputi, proses lelang feasibility study (FS) terminal, pelaksanaan pekerjaan FS terminal, proses lelang appraisal, sosialisasi masyarakat, pelaksanaan appraisal, dan pengadaan tanah.

“Alhamdulillah tidak ada penolakan dari masyarakat setelah dilakukan sosialisasi dan kunjungan dari DPRD Jatim,” ucapnya.

Relokasi terminal dilakukan sebab terminal lama dinilai masuk kategori tidak layak. Akses jalan bus angkutan sempit dan lokasi terminal tepat di tengah kota. (Romi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *